Sebanyak 3.507 butir telur berhasil didirikan di Festival Peh Cun Tahun 2023 sekaligus sukses pecahkan rekor MURI. 

Hal itu disampaikan secara langsung oleh Senior Customer Relations Manager MURI, Andre Purwandono saat menghadiri Festival Pasir Padi Jilid 3 yang berlangsung di Pantai Pasir Padi Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (22/06). 

Sebelumnya, pihak MURI sendiri sempat menilai Festival Peh Cun mendirikan sebanyak 3.507 butir telur tidak layak masuk rekor nasional melainkan masuk dalam rekor dunia. 

"Festival seperti ini kita yakin hanya ada di Indonesia. Rekor ini terpecahkan setelah sebelumnya sempat ada rekor MURI mendirikan telur di kilometer O Kalimantan berhasil mendirikan 1123 telur. Hari ini terpecahkan sebanyak 3.507 butir telur didirikan di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ucapnya. 

Lanjut disampaikannya bahwa Festival seperti ini bisa mengklaim rekor skala dunia, terutama yang bersifat memiliki unsur budaya Indonesia semacam kegiatan hari ini. 

"Kita apresiasi melihat semangat dan antusias peserta. Justru ini membutuhkan kekompakan. Kami sangat apresiasi setiap penghargaan ada medali dan penghargaannya," katanya.

Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Mie Go memberikan apresiasi terlaksananya Festival Pasir Padi Jilid 3 yang berlangsung di Pantai Pasir Padi. Dia mengaku bangga melihat kekompakan masyarakat Kota Pangkalpinang pada kegiatan tersebut. 

"Pangkalpinang mencatat rekor MURI. Hasil yang luar biasa bukan hanya memecahkan rekor Nasional tapi juga rekor dunia. Alhamdulillah, tidak bisa berkata banyak. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerjasama," ujar dia. 

Kata Mie Go, Festival Pasir Padi Jilid 3 merupakan inisiasi Pemerintah kota Pangkalpinang dan ide dari Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil serta dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata. 

Dia juga berharap melalui kolaborasi keberagaman, kerukunan antar umat beragama suku budaya adat istiadat ini dapat kembali dikombinasikan.

"Melalui kombinasi festival barongsai dengan festival telur seroja menimbulkan suasana keakraban. Berharap kegiatan seperti ini menjadi kalender Dinas Pariwisata dan agenda Nasional untuk ke depan," pungkasnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023