Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengajak wisudawan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) menjaga integritas dan membangun daerah, untuk membaktikan diri kepada bangsa. 

"Anda sudah resmi menyandang gelar yang didapatkan tidak mudah, dengan bercucuran keringat, air mata, biaya, waktu. Jadi, jangan sia-siakan ilmu yang sudah didapatkan di Universitas Muhammadiyah. Anda sebagai sarjana ada peran yang sudah menanti untuk membangun negeri," kata Pj Gubernur Suganda di Pangkalpinang, Sabtu. 

Ia mengatakan wisuda menjadi titik akhir dalam jenjang pendidikan, sekaligus titik awal menghadapi dunia baru, yakni dunia kerja dan kehidupan sosial.

Ia menyampaikan kepada 143 mahasiswa dari 4 program studi yang sudah resmi menyandang gelar sarjana itu agar nilai-nilai yang telah ditanamkan di Unmuh Babel dapat terus terjaga, sehingga akan berdampak positif terhadap pembangunan sumber daya manusia di Negeri Serumpun Sebalai. 

"Pesan saya, kalian nanti yang akan membangun provinsi ini, yang akan membangun negara ini. Nilai-nilai integritas tidak boleh luntur hanya karena kepentingan sesaat saja. Nilai integritas ini tentunya harus kita tanamkan sebagai masyarakat Bangka Belitung, Serumpun Sebalai, Sepintu Sedulang. Nilai-nilai itu harus ada di tengah-tengah kita," katanya. 

Ia menambahkan kepada para lulusan Unmuh Babel untuk bersama-sama membangun Bangka Belitung, khususnya berkenaan dengan pendidikan, dan kesehatan (stunting). 

"Pendidikan di Bangka Belitung saat ini berada di titik rendah, dan kondisi yang miris. Adik-adik harus mengambil peran, bersama-sama kita membuat masyarakat kita cerdas. Saya juga ingin mengajak untuk mengentaskan stunting yang masih tinggi," katanya. 

"Ini problem besar, sangat disayangkan jika anak-anak menjadi generasi yang tidak dapat bersaing dengan generasi lainnya. Mudah-mudahan ke depan kita bisa berpartisipasi membangun daerah yang kita cintai ini menjadi daerah yang luar biasa dan modern. Kita bekerja bersama membangun peradaban," tutupnya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023