Ombudsman Republik Indonesia meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengendalikan inflasi dan menekan kenaikan harga sembako menjelang Hari Raya Idul Adha 2023.

"Hari ini GPM yang digelar secara serentak ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat menjelang Idul Adha," kata Anggota Ombudsman Republik Indonesia Yeka Hendra Fatika saat peluncuran GPM di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan gerakan pangan murah ini digelar secara serentak di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat, dan Belitung untuk menekan dan mengendalikan inflasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami berharap dengan GPM ini dapat menekan kenaikan harga dan juga meningkatkan daya beli masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini," ujarnya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu menyampaikan GPM di Kepulauan Babel kegiatan ini dilaksanakan di empat titik, yaitu  Taman UMKM Kompleks Perkantoran dan Permukiman Pemprov Kepulauan Babel, Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Lapangan Gelora Mentok Bangka Barat, dan Halaman Gedung Nasional Tanjung Pandan Belitung.

"Semoga dengan gerakan ini, masyarakat bisa mendapatkan harga pangan yang murah, dan berimbas pada inflasi yang semakin terkendali," ujarnya.

Ia menyatakan inflasi di Kepulauan Babel cukup terkendali, bahkan inflasi Babel nomor satu terendah se-Indonesia dalam dua bulan belakangan, termasuk dalam hal realisasi penyaluran bantuan pangan 2023, Babel menempati peringkat ke-2 terbaik se-Indonesia.

"Walaupun pada posisi itu, kami tetap selenggarakan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan," katanya.

Baca juga: Babel gencarkan gerakan pangan murah di empat lokasi

GPM menyediakan berbagai bahan pangan pokok dengan harga terjangkau atau di bawah harga pasar, termasuk beras, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, daging ayam, daging sapi, gula, minyak goreng, serta aneka sayur-sayuran.

Harga beras premium Rp13.900 per kilogram, beras medium Rp11.800 per kilogram, bawang merah Rp47.000 per kilogram, bawang putih Rp36.000 per kilogram, cabai merah keriting Rp37.000 per kilogram, daging sapi murni Rp150.000 per kilogram.

Harga daging ayam ras Rp40.000 per kilogram, telur ayam ras Rp31.500 per kilogram, gula pasir Rp14.500 per kilogram, minyak goreng Rp16.500 per kilogram, terigu Rp11.200 per kilogram, ikan kembung Rp51.000 per kilogram. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023