Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu memastikan stok dan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) lancar selama libur hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pertamina Sumbagsel untuk memastikan stok dan distribusi BBM dan gas elpiji ini," kata Suganda Pandapotan Pasaribu, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan dalam mengatasi kelangkaan BBM dan gas elpiji khusus LPG bersubsidi tiga kilogram diperlukan kolaborasi dan strategi pemerintah daerah dengan Pertamina, apalagi konsumsi energi masyarakat menjelang dan selama hari raya Idul Adha 1444 Hijriah meningkat.

"Ketersediaan bahan bakar pertalite ini agar dijaga supaya tidak langka, karena ketahanan energi kita ini baru tiga sampai lima hari. Jadi artinya perlu benar-benar strategi yang baik, sehingga ini tidak bisa menjadi kelangkaan," ujarnya.

Selain itu, Pemprov Kepulauan Babel juga berharap Pertamina untuk selalu menjaga ketersediaan dan pendistribusian gas tiga kilogram, agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan gas bersubsidi tersebut.

"Dalam rapat koordinasi kemarin, kita bersama Pertamina juga membahas rencana kegiatan pasar murah gas elpiji guna memudahkan masyarakat mendapatkan gas bersubsidi tersebut," katanya.

Sales Area Manager Retail Bangka Belitung-Regional Sumbagsel PT Pertamina Patra Niaga Adeka Sangtraga Hitapriya mengatakan Pertamina siap berkolaborasi dalam pelaksanaan pasar murah untuk masyarakat Kepulauan Babel.

"Kami siap secepat mungkin hadir untuk masyarakat dan kami akan segera memfollow up arahan Pj Gubernur Kepulauan Babel," ujarnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023