Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Algafry Rahman mengapresiasi bantuan hewan kurban dari sejumlah perusahaan swasta dan BUMN.

"Tahun ini bantuan hewan kurban dari perusahaan swasta dan BUMN sangat luar biasa, saya atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi," ujarnya di Koba, Jumat.

Bupati menjelaskan, sejumlah perusahaan yang memberikan bantuan hewan kurban baik swasta murni maupun BUMN di antaranya adalah PT Timah Tbk, PT Taspen, PT Angkasa Pura, sejumlah lembaga perbankan dan beberapa perusahaan swasta yang beroperasi di daerah itu.

"Untuk total secara keseluruhan sekitar 100 ekor yang didistribusikan ke 63 desa dan kelurahan di daerah ini, bantuan sapi paling banyak itu berasal dari PT Timah Tbk, 50 ekor," ujar mantan Ketua DPRD Bangka Tengah ini.

Ia mengatakan, bantuan hewan kurban dari pihak swasta rutin setiap tahunnya pada Hari Raya Idul Adha sebagai bentuk kepedulian sosial mereka terhadap masyarakat.

"Bantuan hewan kurban itu bentuk realisasi dari program CSR perusahaan, baik swasta murni maupun di bawah BUMN," ujarnya.

Bupati menyatakan semua hewan kurban bantuan dari swasta itu dalam kondisi sangat layak disembelih dan dagingnya aman dikonsumsi.

"Sebelum kita salurkan ke masyarakat, hewan kurban bantuan dari pihak swasta itu sudah kita periksa untuk memastikan sehat dan aman dikonsumsi," ujarnya.

Bupati juga mengatakan, pelaksanaan pemotongan hewan kurban mulai dilaksanakan pada Kamis (29/6) di sekitar 170 titik pemotongan.

"Kendati Shalat Idul Adha sudah mulai digelar pada Rabu (28/6) bagi warga Muhammadiyah, namun pemotongan hewan mulai dilaksanakan pada Kamis," ujarnya.*

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023