Inovasi pemulihan ekosistem laut yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk Top 99 Nasional dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto dalam keterangan tertulis, Rabu mengatakan selain inovasi pemulihan ekosistem laut masuk dalam Top 99 Nasional, inovasi Gerbang Lestari juga masuk dalam top 15 nasional.

"Inovasi kategori umum dan khusus berkarakter environmental soundly karena berdampak langsung terhadap perbaikan ekosistem darat dan laut di Bangka Belitung yang tentu saja hasilnya dapat dinikmati publik untuk meningkatkan produktivitas," kata dia.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Bangka terus melakukan rekayasa efektif untuk memperbaiki kualitas ekosistem inovasi guna menyongsong penghargaan inovasi di bidang pelayanan publik di tahun-tahun mendatang.

"Kami optimis, target tradisi setiap tahun sebagai kabupaten terinovatif dalam top 99 dan top 45 di tingkat nasional, Insya Allah akan terus kami pertahankan," kata dia.

Kedua inovasi pemulihan ekosistem laut dan inovasi Gerbang Lestari sudah dipaparkan di hadapan panelis dengan bersaing dengan 415 kabupaten, 93 kota dan 38 provinsi di Indonesia.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin, mengatakan inovasi yang dikembangkan harus didukung dengan komitmen, kerja keras dan kerja cerdas. Inovasi hanya dapat terbentuk dalam sistem yang sempurna dan tradisi yang kuat.

"Tradisi inovasi yang berkualitas harus tetap pertahankan dan dikembangkan ke depan agar terbentuk tradisi inovasi yang kuat. Oleh karena itu perlu komitmen seluruh perangkat daerah untuk membentuk iklim inovasi yang sempurna," kata Wabup.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023