Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maya Suganda Pasaribu memaknai Hari Keluarga Nasional ke-30 untuk lebih sadar memerangi stunting, dengan mengajak masyarakat lebih sadar dan waspada akan bahaya stunting.

"Diharapkan bahwa kita lebih dapat menyadari bahaya stunting kemudian kita harus memperkuat langkah dalam mencegah dan mengentaskan permasalahan stunting di Indonesia," kata Pj Ketua TP PKK Babel Maya Suganda Pasaribu di Banyuasin, Kamis. 

Ia mengatakan tema yang diusung oleh BKKBN untuk Harganas ke-30 tahun 2023 yaitu "Menuju Keluarga Bebas Stunting Untuk Indonesia Maju" sangatlah tepat mengingat  stunting sendiri hingga saat ini masih menjadi fokus nasional terkhusus di Kep. Babel.

Ia menyampaikan keluarga adalah bagian terdekat dalam kehidupan seseorang dan keluarga-keluarga di Indonesia terkhusus di Babel harus lebih waspada terhadap masalah stunting.

"Lebih fokus dan lebih perhatian kepada masalah stunting, yang dimulai dari kesehatan reproduksi remaja putri, kemudian mencegah pernikahan dini" katanya. 

Ia mengharapkan agar semua pihak dapat mendorong anak-anak muda agar lebih aktif dalam mencari prestasi sehingga dapat membantu menghindarkan mereka berkeluarga lebih cepat.

Ia menambahkan untuk memperhatikan kesehatan ibu hamil, karena akan membantu menghasilkan anak-anak yang jauh dari berat bayi lahir rendah, fisik bagus sesuai standar kesehatan, serta anak-anak sehat yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional. 

Sementara itu kegiatan Harganas ke-30 Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kantor Bupati Banyuasin sendiri dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. 

Sebelum mengikuti pembukaan Harganas ke-30, Pj Ketua TP PKK Maya Suganda Pasaribu menyempatkan diri untuk mengunjungi stand UMKM khusus Babel yang telah meramaikan kegiatan Harganas ke-30 Tahun 2023. 

"Produk yang ditampilkan sangat diminati oleh pengunjung-pengunjung yang datang. Terbukti banyak dan sudah hampir habisnya barang-barang yang dipamerkan," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023