Kepolisian Resor (Polres) Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar Operasi Patuh Menumbing 2023 untuk menciptakan tertib dan taat dalam berlalu lintas.

"Operasi Patuh Menumbing 2023 ini kita gelar secara terpusat selama 14 hari ke depan," kata Kasat Lantas Polres Bangka Tengah Iptu Beni Fernanda di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, operasi patuh berlalu lintas ini digelar pada beberapa titik di Bangka Tengah dengan melakukan penindakan langsung terhadap pelanggar lalu lintas dan sekaligus kegiatan sosialisasi taat menggunakan jalan raya.

"Ada sebanyak 12 pelanggaran yang bisa ditindak bagi pelanggar lalu lintas dan ini sebelumnya juga sudah kita sosialisasikan kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Polisi tegur 143 pengendara selama Operasi Keselamatan di Bangka Bara

Ia menjelaskan sebanyak 12 pelanggaran yang bisa dilakukan penindakan tilang di antaranya adalah anak di bawah umur menggunankan kendaraan bermotor, berboncengan lebih dari satu orang dan idak menggunakan helm.

Kemudian kata dia erkendaraan di bawah pengaruh alkohol, ranmor tidak sesuai spesifikasi, tidak menggunakan spion, knalpot brong, lampu utama, rem lampu petunjuk.

"Kemudian pengendara atau Mengemudi menggunakan telepon seluler saat menggunakan kendaraan dan melampui batas kecepatan," ujarnya.

Baca juga: Polres Belitung utamakan edukasi dalam Operasi Keselamatan Menumbing

Ia mengatakan, para petugas dalam pelaksanaan operasi patuh ini akan melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya adalah pencegahan dengan cara sosialisasi dan penindakan dengan pemberian tilang

"Selain sosialisasi tentang tertib berlalu lintas, dalam operasi ini juga diberlakukan pula tilang manual bagi pengendara yang didapati melanggar lalu lintas," ujarnya.

Ia berharap masyarakat bisa menjadi pioner atau duta keselamatan lalu lintas bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.

"Dengan demikian, maka angka pelanggaran maupun kecelakaan di wilayah Bangka Tengah ini bisa menurun," ujarnya.

Baca juga: Satlantas Bangka Tengah menggelar operasi 'Manumbing' tanpa tilang

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023