Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadikan Explore Babel 2023 di Kota Pangkalpinang sebagai pioner kegiatan pariwisata dan UMKM, guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kami menyakini kegiatan ini akan memberikan dampak luar biasa bagi perekonomian masyarakat," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yanuar mewakili Pj Gubernur Suganda saat membuka Explore Babel 2023 di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Explore Babel 2023 bertemakan Explore Kuliner dan Wisata Babel akan menjadi pionir untuk melahirkan berbagai kegiatan pariwisata dan UMKM lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Melalui kegiatan ini berbagai potensi kuliner, produk UMKM dan lokasi pariwisata di Bangka Belitung dikenalkan lebih luas lagi, sehingga akan semakin banyak wisatawan yang datang dan mampu mendongkrak perekonomian pariwisata di daerah ini," katanya.

Ia menyampaikan pada rangkaian Explore Babel 2023 akan diselenggarakan pertunjukan fesyen untuk memperkenalkan kain cual, batik, ecoprint khas Babel sebagai primadona baru untuk memperkaya warisan kain tradisional di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini kain khas Babel diharapkan bisa diterima masyarakat global dan menambah khazanah jati diri tradisional Indonesia," katanya.

Menurut dia kegiatan ini juga menjadi ajang promosi aktif efektif untuk menggerakkan pariwisata di Kepulauan Bangka Belitung yang tidak kalah indahnya dengan pariwisata Bali, Lombok dan daerah lainnya.

Ia mengharapkan kolaborasi dan sinergi pemerintah pusat, kementerian lembaga, pemda, BI, serta sektor swasta untuk terus bahu membahu berupaya meningkatkan ekonomi sektor pariwisata dan UMKM di daerah ini.

"Kegiatan ini sebagai tanda dimulainya aktifitas berbasis ekonomi wisata di Babel," katanya.  
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023