Universitas Muhammadiyah (UnMuh) Bangka Belitung (Babel) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  dengan Deputy Vice Chancellor (Academic and International) Prof Dr Mohd.Yusoff Mashor Universiti Malaysia Perlis (UniMAP).

MoU ini dilakukan karena sebelumnya Rektor UnMuh BaBel, Fadillah Sabri, telah berkunjung ke UniMAP beberapa waktu yang lalu tepatnya pada 11 Januari 2023 yang lalu.

"Saya berharap MoU ini tidak hanya sekedar ditanda tangani tapi harus mampu diimplementasikan dalam rangka memberikan kemanfaatan," ujarnya.

Fadillah meyakinkan setelah MoU dengan UniMAp ini nanti akan dilanjutkan dengan MoA, yakni peningkatan kualitas dosen yang akan studi. UniMAP memiliki program Master dan doktor (PhD), sehingga dosen UnMuh BaBel bisa melanjutkan studi PhD, khususnya di Fakultas Teknik dan Sains.

"Program kerjasama antara UniMAP dan UnMuh BaBel ini bisa memudahkan bagi masyarakat Bangka Belitung untuk melanjutkan kuliah program Master dan Doktor (PhD), kuliahnya terdaftar di UniMAP, namun berkuliah di UnMuh BaBel," jelasnya.

Mahasiswa dapat melakukan proses pendidikan secara jarak jauh (online), bisa juga dosen UniMAP yang hadir di UnMuh BaBel. Namun, dalam perkuliahan tersebut, mahasiswa tetap harus menjalani kuliah di UniMAP minimal selama 6 bulan.

"UnMuh BaBel memberikan peluang bagi putra putri yang ada di Bangka Belitung untuk kuliah di UniMAP, proses pembelajarannya bisa di kampus UnMuh BaBel," terang Fadillah.

Prof.Dr.Mohd.Yusoff Mashor dari UniMAP menjelaskan bahwa kerjasama yang mereka lakukan adalah dalam rangka menjemput bola, menarik mahasiswa untuk dapat berkuliah di UniMAP.

"Maka kami melakukan kerjasama dengan universitas UnMuh BaBel, bisa kuliah disini baik bagi dosen-dosen UnMuh BaBel dan ini juga berlaku bagi rakyat Bangka Belitung. Jangan selalu banyak alasan untuk gagal, tetapi carilah alasan untuk maju," ujar Prof.Dr.Mohd Yusoff Mashor.

Selain dengan UniMAP, dalam kesempatan yang sama UnMuh BaBel juga menandatangani MoU dengan kepala Balai BPDAS Baturusa Cerucuk Bangka Belitung, Muchtar Efendi.

"Hari ini ada dua penandatanganan MoU dengan Universiti Malaysia Perlis (UniMAP) dan BPDAS Baturusa Cerucuk. Hal ini dalam rangka meningkatkan catur darma perguruan tinggi," kata Fadillah.

Rektor UnMUh BaBel berharap dengan adanya MoU ini akan meneruskan relasi perkawanan dan silaturahim bersama UniMAP dan BPDAS Baturusa Cerucuk, karena sahabat sejati selalu ingin membantu sahabatnya.

"Dengan BPDAS Baturusa Cerucuk kita akan kerjasama dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat," tutupnya

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023