Universitas Muhammadiyah (UnMuh) Bangka Belitung (Babel) menggelae seminar nasional bertema "Strategi Pembangunan Insfratruktur yang Berkelanjutan" selepas penandatanganan MoU antara Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UnMuh BaBel) dengan Universiti Malaysia Perlis (UniMAP).

Seminar nasional ini digelar oleh Fakultas Teknik dan Sains (FTS) UnMuh BaBel dengan menggandeng narasumber berkompeten yakni Kepala Dinas PUPR Bangka Belitung, Jantani Ali dan Advisor Direktur Operasi dan Produksi PT Timah Tbk, Ahmad Syamhadi.

Bersama moderator Ilpandari, selaku Dekan FTS, hadir peserta seminar dari berbagai stakeholder terkait, antara lain Ikatan Arsitek Indonesia Bangka Belitung, LSM, dosen dan mahasiswa UnMuh BaBel, serta dari akademisi perguruan tinggi lainnya seperti UBB dan STISIPOL pahlawan 12.

Baca juga: UnMuh Babel - Universiti Malaysia Perlis Kerjasama Program Master dan Doktor

Tujuan seminar ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana strategi pembangunan infrastruktur berkelanjutan khususnya di provinsi kepulauan Bangka Belitung, seperti tata kelola timah, gagasan atau konsep pembangunan yang berkelanjutan.

"Hal ini penting untuk dibicarakan, mengapa saya katakan penting? Karena banyaknya dampak pembangunan itu secara parsial, tidak secara komprehensif. Kita ingin pembangunan di Bangka Belitung betul-betul insfrastruktur yang berkelanjutan, ini titik poin diskusi kita pada hari ini," kata Fadillah saat membuka kegiatan seminar tersebut.

Ketiga narasumber memaparkan materi tentang konsep pembangunan di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, peran PT Timah dalam pengelolaan sumber daya alam untuk pembangunan Bangka Belitung yang berkelanjutan dan green building technology.

Banyak persoalan yang hadir dipermukaan dalam diskusi tanya jawab pada seminar nasional tersebut, salah satu ikon Bangka Belitung yakni jembatan emas keberadaannya sering dipertanyakan karena tidak dapat berfungsi sebagai penghubung sebagaimana mestinya.

Pelabuhan Pangkal Balam yang tidak lagi representative dan banyak lagi persoalan lainnya yang menjadi PR bersama, dan ini menjadi catatan penting sekaligus tugas kita bersama bagaimana nanti kedepan untuk memilih pemimpin yang memiliki konsep pembangunan yang berkelanjutan.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023