Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan jamaah haji asal wilayah itu yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 9 tiba di Tanah Air dipusatkan di asrama haji Bangka Belitung.

Plt Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Babel Ridwan, Senin mengatakan, jamaah haji kloter 9 yang tiba di Bandara Depati Amir Pangkal Pinang dari embarkasi Palembang pada Senin pukul 06.55 WIB dan kemudian menuju asrama haji pukul 07.25 WIB.

"Jamaah haji kloter 9 tercatat sebanyak 360 orang terdiri dari jamaah asal Kota Pangkalpinang 196 orang, Bangka Barat 159 orang, Bangka Tengah satu orang, Belitung satu orang, Belitung Timur satu orang serta Bangka satu orang," ujar Ridwan.

Dia mengatakan setelah beberapa saat di asrama, jamaah haji sudah langsung diperbolehkan pulang ke daerah asal masing - masing sekalian pengambilan bagasi.

"Jamaah haji tidak menginap di asrama, dan selama beberapa saat di asrama haji untuk mendapat pembagian air zamzam sebanyak 10 liter," kata dia.

Menurut dia pembagian 10 liter air zamzam itu terdiri sebanyak lima liter dibawa saat sekarang, dan lima liter lagi dibawa bersama koper besar yang bisa diambil sejak satu hari kepulangan di Kantor Kemenag kabupaten/kota masing-masing.

Ridwan mengatakan, untuk pemeriksaan kesehatan akan dilakukan oleh puskesmas masing-masing asal jamaah haji berada.

"Bagi yang merasakan tubuhnya kurang sehat, suhu badan meningkat atau gejala lain tim puskesmas terdekat yang akan memantau," jelasnya.

Pemantauan kata dia akan dilakukan selama 21 hari sejak kedatangan. "Saya sarankan seluruh jamaah haji, kalau bisa selama 21 hari ini, aktivitas di luar rumah kurangi dahulu, harus banyak istirahat," ujar dia.


 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023