Program Gule Kabung yang diinisiasi Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu fasilitasi PT ThorCon Power Indonesia untuk mensosialisasikan tenaga nuklir di Negeri Serumpun Sebalai. 

"Kami telah menindaklanjuti hasil Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan beberapa waktu lalu bersama Pj Gubernur Suganda, salah satunya ialah guna memberikan sosialisasi yang baik kepada masyarakat tentang tenaga nuklir," kata Kepala Cabang PT ThorCon Power Erridian Rosnata di Pangkalpinang, Selasa. 

Ia mengatakan untuk mewujudkan hal itu PT ThorCon Power Indonesia merampungkan sebuah buku saku, yang mana berisi tentang segala hal yang harus diketahui oleh masyarakat mengenai tenaga nuklir. 

"Hal ini mengingat Babel adalah provinsi yang dipilih oleh PT ThorCon Power Indonesia sebagai lokasi dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PTLN). Untuk itu, diperlukan sosialisasi yang baik kepada masyarakat," katanya. 

Pj Gubernur Suganda merasa momentum yang tepat untuk PT ThorCon Power Indonesia memberikan sosialisasi terhadap isi dari buku saku yang telah disusun bersama-sama dirinya dalam program "Gule Kabung".

Menurut dia melalui program "Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung" ini, dirinya terjun langsung ke masyarakat, sehingga bisa memfasilitasi PT ThorCon Power Indonesia untuk mensosialisasikan berbagai hal tentang tenaga nuklir.

"Sosialisasi seperti ini yang masyarakat butuhkan. Saya rasa PT ThorCon bisa bersama-sama kami, menemui langsung masyarakat pada Program Gule Kabung dalam waktu dekat. Kita jelaskan saja seperti apa, agar masyarakat tersosialisasikan, agar tidak ada lagi ketakutan akan yang namanya tenaga nuklir. Jangan sampai di masyarakat nanti mendengar nuklir ini asumsinya akan sepeti chernobyl, dan sebagainya", katanya. 

Sambutan baik Pj Gubernur Suganda ditanggapi positif oleh Erridian. Selaku Kepala Cabang, dirinya mengungkapkan ajakan Pj Gubernur Suganda untuk turut dalam program Gule Kabung sejalan dengan apa yang ia harapkan, yakni terselenggaranya kolaborasi antara PT ThorCon Power Indonesia, dan Pemerintah Provinsi Babel. 

Ia menyatakan siap untuk membersamai Pj Gubernur Suganda dalam program Gule Kabung yang akan datang.

Untuk diketahui, program Gule Kabung ialah program kerja yang diinisiasi oleh Pj Gubernur Suganda. Program ini melibatkan berbagai pejabat penting. Program yang mempertemukan antara Pj Gubernur dan masyarakat di daerah itu bertujuan untuk mendengar secara langsung permasalahan yang ada, serta berupaya sesegera mungkin mencarikan solusi yang tepat untuk masyarakat Babel.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023