Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan pendapatan daerah sebesar Rp1 triliun pada 2024.

"Target pendapatan daerah 2024 itu sudah kami tuangkan dalam rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2024," kata Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi, di Toboali, Kamis.

Ia mengatakan tema pembangunan Kabupaten Bangka Selatan tahun 2024 adalah "Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dasar, Peningkatan Perekonomian Daerah dan Kualitas Infrastruktur Berkelanjutan Secara Inovatif, Kreatif, dan Kolaboratif".

"Perhitungan dan analisa terhadap pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah berdasarkan hasil analisis kondisi ekonomi daerah dan kajian terhadap tantangan serta prospek perekonomian," ujarnya pula.

Dia mengatakan, tema pembangunan Kabupaten Bangka Selatan tahun 2024 itu mempertimbangkan dinamika dan realita kondisi umum daerah.

"Tema itu mempertimbangkan tahapan pertama dan kedua pelaksanaan RPJMD Tahun 2021-2026 serta dinamika dan realita kondisi umum daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, penyusunan prioritas pembangunan daerah dirumuskan berdasarkan hasil evaluasi permasalahan daerah yang dihubungkan dengan program pembangunan daerah (PPD) 2024.

"Penyusunan prioritas dilakukan dengan memperhatikan beberapa kriteria, terutama yang berkorelasi dengan upaya untuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia," ujarnya lagi.

Dia mengatakan, penggunaan anggaran tetap memperhatikan tata kelola keuangan yang baik dan akuntabel.

"Lebih mengedepankan penggunaan anggaran yang efektif, efisien dan transparan," ujar dia pula.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023