Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar job fair atau bursa kerja untuk menyerap tenaga kerja produktif.

"Dalam kegiatan bursa kerja (job fair) ini kami mempertemukan langsung antara pihak perusahaan dengan pencari kerja," kata Wakil Bupati Belitung Kharil Anwar di Manggar, Kamis.

Job fair yang digelar pada Rabu (2/8) hingga Kamis (3/8) diikuti sebanyak 11 perusahaan dan menyediakan sebanyak 147 lowongan pekerjaan.

"Kita tahu saat ini para pencari kerja tidak berbanding lurus dengan lapangan pekerjaan yang tersedia, kegiatan job fair ini menjadi wadah untuk memudahkan pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan," ujarnya.

Khairil meminta para pencari kerja dapat mengedepankan attitude atau sikap yang baik dan tanggung jawab yang baik saat bekerja, tidak  hanya mengandalkan ijazah atau kepintaran.

"Pintar saja tidak cukup, jika tidak punya sikap yang baik dalam bekerja. Bagi perusahaan butuh otak dan perilaku yang baik," ujarnya.

Ketua Panitia Job Fair 2023 Abdul Rachim mengatakan kegiatan tersebut untuk memfasilitasi dan mempertemukan para perusahaan dan pencari kerja dalam satu tempat sehingga akan memudahkan interaksi dan komunikasi masing-masing pihak.

"Kegiatan ini sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati yaitu mewujudkan Belitung Timur bangkit berdaya melalui penciptaan lapangan pekerjaan dalam rangka pengentasan kemiskinan," ujarnya.

Mantan Camat Manggar ini berharap seluruh lowongan pekerjaan yakni 147 lowongan dan 42 jabatan yang tersedia dapat diserap oleh pencari kerja di daerah itu.

"Target kami seluruh lowongan yang ada dapat terisi, terutama dari pencaker di Kabupaten Belitung Timur," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023