Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi menyatakan pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan ketenagakerjaan melalui pembangunan infrastruktur guna menekan angka pengangguran dan kemiskinan di daerah itu.

"Kami siap memenuhi tuntutan para buruh di bidang pelayanan ketenagakerjaan, peningkatan sumber daya manusia buruh dan memperbanyak lapangan kerja baru," kata Rustam Effendi saat menghadiri peringatan Hari Buruh di Pangkalpinang, Minggu.

Menurut dia pembangunan infrastruktur dan SDM ketenagakerjaan diharapkan dapat memberi kesejahteraan yang lebih baik kepada para buruh.

"Kita juga akan terus mengoptimalkan perlindungan tenaga kerja melalui peningkatan pengawasan oleh aparatur pemerintah yang sejalan dengan pelaksanaan UU Nomor 23 tahun 2014," ujarnya.

Berdasarkan peraturan berlaku, jelasnya, pekerja sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi. Oleh karena itu pemprov akan mengembangkan sektor ketenagakerjaan untuk menyejahterakan para buruh, salah satunya melalui pelayanan jaminan sosial.

Selain dari sektor ketenagakerjaan pihaknya akan menyukseskan program pariwisata untuk kepentingan bersama agar dapat menciptakan hubungan industrial yang kondusif, harmonis dan berkeadilan tanpa mengabaikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Untuk menggalakkan sektor ini kita akan membangun prasarana dan sarana umum serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia," ujarnya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016