Ratusan pelajar dari berbagai jenjang pendidikan mulai tingkat dasar hingga menengah atas di Mentok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap memeriahkan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi VI Babel yang akan digelar di Kabupaten Bangka Barat 22 Agustus 2023.

"Sampai saat ini kami terus melakukan pemantapan persiapan pembukaan, kemarin bersama Bupati Bangka Barat Sukirman kita telah menyaksikan langsung persiapan penampilan tari pembukaan yang akan melibatkan ratusan pelajar," kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat Rukiman di Mentok, Senin.

Menurut dia, pesta olahraga tingkat provinsi yang digelar empat tahun sekali tersebut merupakan kesempatan bagi Bangka Barat untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki agar semakin dikenal masyarakat, salah satunya keragaman tari, seni dan budaya.

Baca juga: Bangka Barat siap gelar Porprov Babel 2023

Dalam pembukaan Porprov VI Babel direncanakan panitia menyuguhkan tarian kolosal dengan tema lokal yang penggarapan yang dikerjakan langsung oleh para seniman tari dan musik yang ada di daerah itu.

"Sampai sejauh ini berjalan sesuai rencana, sudah masuk tahap penyelesaian akhir sekitar 80 persen, kita sudah memulai sekitar dua bulan terakhir dengan jadwal menyesuaikan situasi dan kondisi para penari dan pengiring agar anak-anak tetap semangat," katanya.

Rukiman menjelaskan tarian pembukaan Porprov VI sengaja menggabungkan sejumlah pelaku seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bangka Barat agar materi yang ditampilkan semakin kaya dan meriah. 

Baca juga: DPRD Belitung sahkan anggaran bonus atlet berprestasi Porprov 2023

"Digarap oleh para pelaku seni yang ada, baik itu musisi maupun para penari, mereka kita berdayakan sesuai kemampuan dan kompetensi," katanya.

Dengan adanya persiapan yang semakin matang diharapkan pembukaan Porprov VI Babel akan berlangsung meriah dan memberikan kesan mendalam bagi seluruh peserta dan tamu yang hadir dalam perhelatan tersebut.

"Kita ingin Bangka Barat sukses dalam penyelenggaraan, prestasi dan kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: KONI Bangka kirim 300 atlet ke Porprov VI Babel

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023