Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengoptimalkan penerapan program bahagia belajar, untuk menimbulkan semangat dan ketertarikan siswa dalam belajar.

"Kita menggandeng Kemenko Kemaritiman dan Investasi dalam menerapkan program bahagia belajar ini," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Rabu.

Algafry menjelaskan program bahagia belajar lebih ditujukan untuk mata pelajaran matematika yang membutuhkan inovasi sehingga mampu mengubah stigma bahwa mata pelajaran tersebut sangat menyulitkan serta membosankan.

"Program bahagia belajar ini tentu saja untuk mengubah wajah pendidikan matematika di daerah ini," ujarnya.

Baca juga: Bangka Tengah terima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek

Algafry menjelaskan program bahagia belajar ini mengadopsi metode gampang, asik, dan menyenangkan (gasing) yang dirancang untuk membangkitkan minat siswa sekolah dasar terhadap matematika. 

"Program ini tidak hanya memberi peserta didik kesempatan untuk belajar dengan metode yang inovatif, tetapi juga memberikan pelatihan kepada guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang menarik," ujarnya.

Algafry mengatakan tujuan mendalam dari program bahagia belajar untuk mengubah stigma negatif tentang matematika menjadi sesuatu yang mengasyikkan dan menarik. 

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah kurangi jam pembelajaran siswa selama Ramadhan

"Ini komitmen kami untuk mewujudkan perubahan pendidikan, dapat memberikan angin segar bagi pendidikan matematika dan menciptakan generasi yang gemar belajar serta cinta pada matematika," ujarnya.

Ia mengatakan cara berpikir guru masa kini harus berubah bahwa belajar bukan sebatas menghafal materi pelajaran melainkan proses memahami materi secara menyeluruh yang berjalan dengan menyenangkan.

"Bermain bagi anak merupakan kegiatan menyenangkan, jika guru mampu menggabungkan konsep bermain dan belajar tentu akan menjadi sesuatu yang menyenangkan," ujarnya.

Baca juga: Bangka Tengah menuju konsep pendidikan kemerdekaan belajar

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023