Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengirim sebanyak 237 atlet untuk berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI di Kabupaten Bangka Barat pada 17 hingga 31 Agustus 2023.

"Kita berharap atlet bisa meraih banyak medali, namun di atas semua itu yang penting  junjung tinggi sportivitas," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman dalam keterangan pers terkait persiapan atlet daerah itu di Koba, Senin.

Bupati menjelaskan, Porprov VI di Bangka Barat tidak hanya mengejar prestasi tetapi juga ajang menjalin persahabatan antar sesama atlet.

Terkait target kata bupati tentu ada yaitu kalau bisa meraih juara umum karena mereka adalah patriot olahraga yang membawa nama baik Bangka Tengah.

"Saya hanya titip pesan kepada ketua kontingen dan seluruh offisial, pastikan atlet kita tidak menemui kendala sehingga tidak menimbulkan protes dan gagal bertanding," ujarnya.

Ketua Kontingen Porprov Bangka Tengah Muhammad Husaini mengatakan bahwa persiapan sudah mencapai 95 persen, hanya tinggal pematangan saja.

"Secara keseluruhan persiapan kita sudah 95 persen, hanya tinggal pematangan dan saat ini masih ada beberapa atlet kita yang mengikuti TC di luar daerah namun 15 Agustus 2023 semuanya kembali," jelasnya.

Husaini menjelaskan, kontingen Porprov Bangka Tengah tercatat sebanyak 354 orang dengan rincian 237 atlet, 50 pelatih, 25 official cabor dan 42 official kontingen.

Sebanyak 237 atlet itu kata dia mengikuti sebanyak 18 cabang olahraga yaitu  panahan, catur, atletik, voli pasir, voli, basket, taekwondo, silat, sepak bola, sepeda, karate, renang, takraw, tinju, gulat, binaraga, tembak dan biliar.

"Kita memasang target meraih sebanyak 80 hingga 85 medali dari 18 cabang olahraga yang diikuti tersebut," ujarnya.

Ketua KONI Bangka Tengah Yasir mengatakan persiapan atlet sudah tergolong matang dan semuanya atlet berasal dari Bangka Tengah.

"Tidak ada atlet impor, semuanya atlet terbaik asal Bangka Tengah yang siap memberikan hasil terbaik dalam ajang olahraga tingkat provinsi ini," ujarnya.

Yasir juga mengatakan, sebanyak 18 cabang olahraga yang diikuti atlet semuanya berpeluang meraih medali.

"Cabang olahraga yang kita ikuti, semuanya unggulan dan berpeluang meraih medali," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023