Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan bonus Rp35 hingga Rp120 juta, bagi atlet peraih medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI di Kabupaten Bangka Barat pada 17 hingga 31 Agustus 2023.

"Bonus ini adalah "doping"  dari kami agar atlet terus bersemangat dan berjuang tanpa menyerah untuk meraih prestasi," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Selasa.

Kabupaten Bangka Tengah dalam Porprov VI di Kabupaten Bangka Barat mengirim sebanyak 354 patriot olahraga dengan rincian 237 atlet, 50 pelatih, 25 ofisial cabor dan 42 ofisial kontingen yang mengikuti sebanyak 18 cabang olahraga.

"Satu medali emas kita berikan bonus sebesar Rp35 juta dan kalau beregu atau tim disesuaikan saja, seperti sepak bola kita siapkan bonus Rp120 juta," kata bupati.

Bupati mengatakan, bonus itu penting sebagai bentuk dukungan kuat terhadap atlet yang sudah meraih prestasi dan membawa nama baik daerah dalam bidang olahraga.

"Uang bonus ini bersumber dari APBD dan diterima langsung bagi atlet peraih emas, setelah Porprov Babel berakhir," ujarnya.

Baca juga: Bangka Tengah kirim 237 atlet berlaga dalam ajang Porprov VI Babel

Baca juga: Bangka Barat siapkan 800 personel amankan Porprov Babel

Tidak hanya peraih medali emas, atlet yang berhasil menyabet medali perak dan perunggu kata bupati juga diberikan bonus dengan jumlah yang disesuaikan.

Bupati tidak menyebutkan secara pasti terkait total anggaran yang disiapkan untuk bonus atlet, namun pastinya seluruh atlet peraih medali akan diberikan bonus.

Bahkan bupati juga menyinggung karir atlet dalam jangka panjang, tidak hanya dalam mengejar prestasi tetapi juga dalam bekerja untuk memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya.

"Atlet berprestasi tentu menjadi prioritas bagi kami untuk diberikan pekerjaan dan penghasilan yang layak," ujarnya.

Ketua kontingen Porprov Bangka Tengah M Husaini menargetkan mampu meraih sebanyak 80 medali dalam ajang Porprov VI di Bangka Barat.

"Kami optimistis itu bisa diraih karena persiapan atlet sudah matang, baik secara teknik maupun mental. Bahkan beberapa atlet ada yang mengikuti TC di luar daerah untuk mengasah kemampuannya," ujarnya.

Baca juga: Beregu Putra Bangka Barat masuk final Tenis Porprov VI Babel 2023

Husaini juga mengatakan semua fasilitas atlet selama mengikuti Porprov VI Babel sudah disiapkan dengan sangat matang.

"Kita sudah siapkan, intinya atlet hanya fokus bertanding saja karena semua sudah kita fasilitasi dan bahkan termasuk bonus sudah disiapkan pemerintah daerah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023