Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencetak 250 pelaku usaha baru dalam berbagai bidang untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.

"Kita kembali membuat terobosan kebijakan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui program penciptaan 250 usahawan baru,"kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Senin (21/08).

Disampaikannya kegiatan ini dilaksanakan untuk terus menajamkan salah satu Prioritas Janji Politis yaitu Bantuan Usaha Bagi Pelaku UMKM. Program ini berupa fasilitasi pelatihan sekaligus bantuan peralatan usaha.

"Guna menyukseskan program ini, Bupati menginstruksikan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan bersama Baznas untuk berkolaborasi. seluruh desa se-Bangka Selatan akan menjadi sasaran dalam program ini,"kata dia.

Riza mengatakan janji politis bantuan usaha Pelaku UMKM, selain diberikan kepada pelaku usaha yang sudah berjalan, juga penting untuk menciptakan usahawan pelaku UMKM baru.

"Mengingat sasaran ini ditujukan kepada calon pelaku UMKM dari aspek ekonomi kurang, maka Saya menunjuk Baznas Bangka Selatan untuk menjadi leading sector. Program ini dengan jumlah lima orang setiap desa,"katanya.

Menurut Politisi Muda PDIP Bangka Selatan ini untuk selanjutnya pihak Baznas Bangka Selatan akan menyeleksi usulan penerima program ini dengan mengacu pada kriteria yang dipersyaratkan. 

"Untuk itu saya meminta para kepala desa di Bangka Selatan dapat segera mengajukan calon penerima program tersebut ke Baznas Bangka Selatan,"kata dia.

Dirinya berharap kepada pelaku usaha untuk memanfaatkan program ini sebaik mungkin dan menjalankan usaha sesuai dengan bidang dan minat yang telah ditentukan.

"Semoga para pelaku UMKM di daerah ini terus maju dan berkembang sehingga ekonomi masyarakat jadi maju,"harapnya.

Beberapa jenis usaha yang akan dibina itu antara lain jasa servis HP, jasa pangkas rambut, jasa pencucian kendaraan motor, jasa sablon dan jasa UKM kuliner. Masing-masing calon pelaku usaha yang terpilih akan terlebih dahulu diberikan pelatihan usaha.

"Beberapa desa yang telah melaksanakan program ini yaitu Desa Nangka dan Nyelanding, selain menyerap tenaga kerja,program ini juga untuk memberdayakan ekonomi masyarakat,"kata dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023