PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bangka Wilayah Kepulauan Bangka Belitung mendukung upaya Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam mempercepat penyerapan investasi di daerah itu.

"Dukungan akan terus kita berikan kepada pemerintah daerah, salah satunya kita juga telah melakukan kesepakatan kerja sama dengan Pemkot Pangkalpinang terkait sinergi pelayanan publik dalam penyediaan dan penyelenggaraan tenaga listrik di kota tersebut," kata Manajer PLN UP3 Bangka Muhammad Isra di Pangkalpinang, Senin.

Kesepakatan kerja sama tersebut bertujuan untuk optimalisasi sinergisitas pelayanan publik, percepatan penyerapan investasi dan pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan dan penyelenggaraan tenaga listrik di Kota Pangkalpinang. 

Ia mengatakan pada prinsipnya PLN ingin memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, untuk itu perlu sinergi dengan pemerintah daerah/kota di Babel, dan dengan adanya kesepakatan bersama  ini diharapkan pelayanan PLN dapat ditingkatkan.

Baca juga: PLN-BPN Se-Sumatera Sinergi dalam Optimalisasi Pelaksanaan Pendaftaran Tanah dan Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum

Kesepakatan bersama tersebut juga untuk memudahkan koordinasi terkait pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang berhubungan dengan pemanfaatan ruang publik, seperti jalan, jembatan dan lainnya di kota Pangkalpinang.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengucap terima kasih kepada PLN karena selama ini telah banyak membantu Pemkot Pangkalpinang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

"Kami sadar sebetulnya kami tidak bisa bekerja tanpa kerja sama yang baik dengan PLN yang selama ini telah berhasil menyediakan dan menyelenggarakan tenaga listrik. Mohon dukungan PLN terhadap ketersediaan tenaga listrik dalam mempercepat penyerapan investasi dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Ia berharap dengan sinergitas yang telah berjalan baik ini, dapat terus berlanjut untuk membangun Kota Pangkalpinang lebih baik.

Baca juga: PLN pastikan pasokan listrik andal di 1.305 lokasi peringatan HUT ke-78 RI

General Manajer PT PLN UIW Babel Mohammad Munief Budiman mengatakan kesepakatan kerja sama dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pemerintah, masyarakat, pelaku usaha di seluruh wilayah operasional perusahaan.

Saat ini pertumbuhan ekonomi Kota Pangkalpinang terus naik, salah satunya ditandai dengan geliat usaha mikro, kecil dan menengah yang semakin tinggi, berbagai kegiatan skala lokal sampai nasional juga terus hadir, maka dari itu perlu dibarengi dengan ketersediaan tenaga listrik andal.

Menurut dia, kesepakatan kerja sama dengan pemerintah daerah penting karena PLN tidak bisa berjalan sendiri dalam memberikan pelayanan ketenagalistrikan terbaik tanpa bantuan pemerintah setempat.

"Begitu juga sebaliknya dalam menarik investor ke Babel, pemerintah daerah perlu memastikan kesiapan infrastruktur ketenagalistrikan bersama PLN," kata Munief.

Baca juga: PLN siap sukseskan rangkaian HUT ke-78 RI dengan kualitas listrik terbaik di Babel

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023