Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyebutkan sudah 1.600 lebih baliho dan spanduk calon peserta pemilu tersebar di Babel dan belum ada potensi pelanggaran.

"Sekitar 1.600 baliho dan spanduk yang sudah menyebar, namun hanya sebatas halo halo saja dan itu tidak masalah agar gegap gempitanya pesta demokrasi ini sampai ke masyarakat," kata Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar usai melakukan komitmen bersama Pemilu damai 2024 di Pangkalpinang, Kamis (24/8).

Em Osykar mengatakan pemasangan baliho dan spanduk merupakan salah satu upaya sosialisasi ke masyarakat bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan sehingga pesta demokrasi ini dirasakan masyarakat.

"Pemasangan baliho dan spanduk memang harus ada karena bagian dari sosialisasi untuk memancing ketertarikan masyarakat bahwa pesta demokrasi sudah berjalan," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Babel-Parpol tandatangani komitmen bersama ciptakan pemilu damai

Untuk pemasangan spanduk dan baliho ada aturan-aturan yang harus dipatuhi dan lokasi penempatannya juga harus ada nilai estetikanya, jangan sembarangan dan tidak boleh ditempat ibadah.

"Sosialisasi dari spanduk dan baliho harus sesuai aturan tidak boleh ada ajakan sehingga tidak ada pelanggaran karena peserta pemilu atau parpol harus mengetahui aturannya karena harapan kami Pemilu serentak ini harus berjalan lancar," ujarnya .

Osykar menambahkan, hari ini kurang dari 174 hari lagi pelaksanaan Pemilu 2024 dimulai, dimana rakyat berhak dan berkesempatan untuk memilih wakil-wakilnya dalam menyuarakan aspirasi dan membangun negeri.

Bawaslu memiliki 4.671 jajaran hingga tingkat TPS, dan kontestasi hari ini KPU  sudah menetapkan daftar calon sementara legislatif DPD RI, DPR RI, Provinsi, 
Kab/Kota berjumlah 3.116 bakal caleg se-Bangka Belitung.

"Tahapan Pemilu saat ini masih di pencermatan Daftar calon sementara (DCS) dan dari pengawasan kami masih berjalan lancar, tidak ada gesekan, tidak ada konflik dan friksi dilapangan," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023