Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengelola sebanyak 20 ton sampah rumah tangga per hari.

"Setiap hari ada sebanyak 20 ton sampah rumah tangga yang kita kelola dan diangkut tempat pembuangan akhir (TPA)," kata Kepala DLH Bangka Selatan Agung Prasetyo di Toboali, Jumat.

Ia menjelaskan, sebanyak 20 ton sampah tersebut berasal dari pemukiman penduduk dan pasar di seluruh kecamatan.

"Kita memiliki sebanyak 12 unit armada pengangkut sampah, sebelumnya ada 11 armada namun ada penambahan satu unit armada berukuran kecil baru-baru ini," ujarnya.

Penambahan mobil pengangkut sampah ini kata dia sebagai bentuk pelayanan optimal dan menjawab keluhan dari masyarakat terkait sampah yang terlewatkan karena tidak terangkut oleh petugas kebersihan.

Ia mengatakan, mobil pengangkut sampah berukuran kecil ini dioperasikan di sejumlah gang kecil padat penduduk yang tidak bisa terlayani truk sampah.

"Masyarakat silahkan melapor atau hubungi petugas kami apabila ada rumah yang tidak terlayani oleh truk angkut sampah," ujarnya.

Kendati ada mobil pengangkut sampah, namun pihaknya mengimbau masyarakat tetap membuang sampah sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh DLH.

Masyarakat juga diimbau agar membuang sampah pada jam 05.00 WIB hingga 08.00 WIB pada tempat pembuangan sementara," ujarnya.

"Kita mengharapkan kesadaran masyarakat mengumpul dan meletakkan sampah pada tempatnya, sehingga lingkungan menjadi rapi dan bersih," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023