Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengoptimalkan program rapat di warung milik para pelaku UMKM, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kegiatan rapat bersama para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang biasanya kita gelar di kantor, sekarang digeser ke sejumlah warung miliki para pelaku UMKM," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Minggu.

Ia menjelaskan program rapat kedinasan yang digelar di sejumlah warung milik pelaku UMKM untuk menambah semangat dan gairah mereka dalam menjalankan usaha yang digeluti.

"Rapat kedinasan di warung kita gelar secara rutin dan bergiliran dari warung yang satu ke warung yang lainnya," katanya.

Baca juga: Bupati Bangka Selatan OPD gelar rapat rutin di warung UKM

Ia mengatakan program tersebut sebagai langkah awal untuk menggerakkan roda perekonomian  para pelaku UMKM dan sekaligus menampung aspirasi mereka.

"Setidaknya dalam kegiatan rapat tersebut, uang mereka bisa berputar karena kita membutuhkan beberapa kebutuhan makanan dan minuman untuk kegiatan rapat," ujarnya.

Bupati mengatakan, tidak cukup hanya dengan memberikan bantuan bagi pelaku UKM namun harus diisi juga dengan rapat rutin agar ekonomi masyarakat semakin maju.

Baca juga: Bangka Selatan siap dampingi warga urus NIB

"Justeru itu, saya sering melaksanakan rapat koordinasi rutin dengan OPD di lingkungan pemkab ini agar usaha UKM di daerah terus tumbuh dan semakin maju," katanya.

Bupati meminta seluruh OPD untuk melaksanakan rapat di warung UKM dengan jadwal rutin agar program dapat berjalan.

"Dengan jumlah puluhan orang, maka tentu bisa turut membantu peningkatan transaksi penjualan dan ini yang saya sebut dengan koordinasi jalan, program terkawal, UKM langsung terbantu," ujarnya.

Baca juga: UKM Bangka Selatan harap program ongkir gratis terus dilanjutkan

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023