Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mengevaluasi hasil perolehan medali kontingen Belitung di ajang Porprov VI Babel 2023 guna meningkatkan prestasi olahraga daerah itu menjadi lebih baik lagi ke depannya.

"Ke depannya kami akan evaluasi (hasil porprov) khususnya untuk pemerintah daerah melalui Dispora Belitung dan KONI Belitung," kata Ketua Kontingen Porprov Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Jumat.

Dirinya tetap mengapresiasi para atlet yang telah bekerja keras dan berjuang dalam ajang Porprov VI Babel 2023 yang berlangsung di Bangka Barat.

"Kami tetap mengapresiasi perjuangan dan kerja keras para atlet yang telah berjuang," ujarnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan klasemen akhir hasil perolehan medali Porprov VI Babel 2023 kontingen Belitung berada di posisi keenam.

Belitung mengumpulkan total sebanyak 127 medali terdiri dari 19 medali emas, 34 medali perak, dan 74 medali perunggu.

"Hasil perolehan medali ini merupakan hasil dari latihan para atlet selama ini. Mungkin ketika bertanding orang atau lawan lebih siap sehingga mereka lebih unggul dari kita," katanya. 

Baca juga: Klasemen akhir Porprov VI Babel: Pangkalpinang peroleh medali terbanyak

Baca juga: Bangka Tengah juara umum Porprov VI Babel 2023

Selain itu, lanjut dia, hasil perolehan medali tersebut juga dipengaruhi oleh faktor non teknis.

"Ada faktor non teknis juga yang harus kita maklumi karena bertanding di tempat orang apa boleh buat karena kita bukan tuan rumah," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan segera menggelar evaluasi bersama Dispora Belitung dan KONI Belitung terkait strategi yang harus dipersiapkan agar prestasi olahraga Belitung menjadi lebih baik.

"Selepas atau balik porprov kita akan evaluasi bersama KONI dan pemerintah daerah akan menyiapkan strategi apa saja agar atlet kami ke depannya bisa mendulang emas," katanya.

Ia memastikan, para atlet yang telah berhasil meraih medali dalam Porprov Babel VI 2023 tetap menerima bonus dan penghargaan.

"Bonus untuk para atlet tetap kami siapkan dan akan kami berikan segera setelah pembahasan anggaran perubahan langsung kami sampaikan kepada para atlet," ujarnya. 

Ia berharap, prestasi olahraga Belitung dapat lebih baik ke depannya dan tidak merasa terpuruk dengan hasil perolehan medali di ajang Porprov Babel VI 2023.

"Kami harapkan para atlet tidak terpuruk dalam kekecewaan hasil kemarin adalah momentum untuk kita menjadi lebih baik ke depannya," kata Hendra Caya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023