Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Nur Bambang Supri Handono, Sabtu (2/9) mengatakan, bahwa Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel, Dominggus Robo berhasil merebut medali perunggu dalam cabang Tinju Kelas 54-57 Kg, dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023 yang digelar di Kabupaten Bangka Barat pada tanggal 21-31 Agustus 2023 lalu. 

Petugas yang sehari-harinya disapa Dom ini mengungkapkan jika ini adalah pertandingan pertamanya dalam kejuaraan tingkat provinsi. "Hal ini jadi pengalaman sekaligus kebanggaan bagi saya,” kata Dominggus Robo. 

Anak pertama dari 4 bersaudara yang lahir dari keluarga Bapak Agus dan Ibu Tina Robo ini merupakan kelahiran Sawu, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ia memulai karir sebagai petugas Lapas pada tahun 2020. Kini ia bertugas sebagai Anggota Regu Jaga di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang.

Karirnya di olahraga tinju ini dimulai sejak tahun 2011, saat usia 16 tahun dan sekolah di SMK Negeri 1 Pangkalpinang.

"Saya menyukai olahraga tinju, karena olahraga ini bisa sebagai pertahanan diri. Selain itu, olahraga ini juga merupakan olahraga kesatria dan dapat dijadikan sebagai ajang pembuktian jati diri bagi diri saya sendiri," ujar Dom.

Olahraga tinju yang menjadi hobinya tersebut tentunya sangat berkaitan dengan pekerjaan Dom sebagai seorang petugas jaga, yang membutuhkan kekuatan fisik prima dan perlu keahlian bela diri yang baik.

"Oleh karena itu, dengan menekuni olahraga ini pastinya sangat bermanfaat bagi saya untuk senantiasa melatih kondisi fisik maupun keahlian bela diri saya yang dapat saya gunakan ketika dalam situasi tertentu saat menjalankan tugas saya di Lapas," lanjutnya.

Pria yang menyukai Oscar De La Hoya dan Chris John ini, mewakili Kabupaten Bangka Tengah yang juga menjadi Juara Umum dalam Porprov VI Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023 dengan mengumpulkan 71 medali emas.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono mengucapkan selamat serta memberikan apresiasi atas prestasi membanggakan yang telah diraih olah salah satu jajarannya. 

“Saya berharap, tidak hanya Dominggus Robo, melainkan Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang lainnya dapat terus meningkatkan prestasinya di masing-masing bidang yang mereka tekuni," ungkap Kalapas.

Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto mengapresiasi capaian tersebut. Pimpinan Kanwil selalu mendukung jajarannnya untuk berprestasi sesuai dengan bidangnya masing masing. 

Pada Porprov Babel kali ini, terdapat beberapa pegawai Kemenkumham Babel yang meraih medali, antara lain, Juara 2 Cabang Sepak Takraw oleh Petugas Lapas Tanjungpandan yaitu Yovie Agustian Putra dan Ari Purwaji. 

Lalu Juara 1 Lari Beregu Putra 4x400 meter, Juara 1 Beregu Putra Estafet 4x100 meter dan Juara 2 Nomor Tunggal Putra Lari 400 meter Gawang oleh petugas Lapas Pangkalpinang yaitu Edi Ariansyah.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023