Ribuan warga Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berpartisipasi ikut memeriahkan hari ulang tahun LPP RRI ke - 78 sebagai peserta jalan sehat gerakan cerdas memilih (GCM).

Kepala LPP RRI Sungailiat, Iwan Effendi Lathan di Sungailiat, Minggu, mengatakan jalan sehat dan GCM serentak diadakan oleh seluruh Indonesia diawali dengan jalan sehat dimulai  pukul 08.00 WIB dilanjutkan dengan dialog Gerakan Cerdas Memilih dengan narasumber yang berkompeten.

Gerakan cerdas memilih, kata dia, sebagai perwujudan RRI memberikan pemahaman tentang pemilu kepada masyarakat, pemilih pemula atau pemilih milenial.

Baca juga: LPP RRI Sungailiat gelar Festival Pelajar Nusantara tingkat SLTA

"Saya berharap melalaui kegiatan ini informasi kepemiluan  bisa tersampaikan dengan baik dan benar ke masyarakat," ucapnya.

Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Husen mengatakan perlu pembekalan dan sosialisasi yang matang agar para pemilih dapat memiliki pengetahuan berkaitan dengan pelaksanaan pemilu.

Tahapan pelaksanaan pemilu, dalam proses pencalonan, belum ada penetapan calon sebagai peserta pemilu yang berlangsung 14 Februari 2024 mendatang, yakni pemilihan anggota DPRD kabupaten/kota, provinsi, DPD dan DPR RI.

"Dalam hal untuk memilih sangat relevan bagaimana kita berupaya meningkatkan kecerdasan pemilih" kata Husen.

Baca juga: Qori utusan RRI Sungailiat meraih juara tiga Nasional

Dikatakan  hingga saat sekarang di sepanjang jalan banyak ditemukan berdiri spanduk, baliho yang berkaitan dengan pemilu meskipun di luar pengaturan KPU.

Pihaknya akan mengatur alat kampanye, pada masa kampanye yang nanti akan dilaksanakan November 2023.

Sebagai penyelenggara kata dia, pihaknya memiliki aturan berkaitan tempat yang nanti bisa digunakan sebagai tempat kampanye yang harus dipahami masyarakat maupun peserta pemilu.

Baca juga: 32 peserta ikuti PTQ ke-53 yang digelar LPP RRI Sungailiat

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023