Sebanyak 32 peserta Qori dan Qoriah ikut tampil memeriahkan Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) ke-53 yang digelar LPP RRI Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis.

Kepala LPP RRI Sungailiat, Iwan Effendi Lathan di Sungailiat Kamis mengatakan pelaksanaan PTQ ke 53 LPP RRI Sungailiat merupakan salah satu bentuk layanan publik RRI Sungailiat dalam menyemarakkan dan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijiriah.

PTQ ke-53 LPP RRI memperlombakan cabang Tilawah, sementara tiga cabang lain perwakilan dari setiap Korwil daerah termasuk Bangka Belitung yang tergabung dalam Korwil XIV Belajasumba.

"Dari 32 peserta dengan rincian 16 Qori dan 16 Qoriah utusan dari tingkat sekolah menengah atas dan perguruan tinggi di Bangka Belitung mulai usia 17- 25 tahun," jelas Iwan Effendi Lathan.

Panitia memperlombakan beberapa cabang seperti Tilawah, Tausiah dan juga Tartil yang mengakomodir bagi penyandang disabilitas Tuna Netra.

Untuk pelaksanaan PTQ tingkat nasional, rencananya akan dilaksanakan di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng) pada pertengahan bulan Ramadhan 1444 H atau April 2023.

Bupati Bangka Mulkan menginginkan melalui PTQ ini dapat dijadikan momentum untuk memasyarakatkan nilai-nilai Al-Qur'an di tengah masyarakat. PTQ ini menjadi sebuah upaya membentuk karakter generasi muda yang unggul, berkarakter, religius, berbudaya, kreatif dan inovatif.

"Kita harus mampu memaknai kegiatan ini, sebagai sarana membiasakan generasi muda untuk mencintai, memahami dan menerapkan nilai -nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari," ujar Mulkan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023