Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu didampingi sang Istri Maya Suganda Pasaribu makan malam bersama Direktur Bisnis Konektivitas PLN Icon Plus Sigit Witjaksono yang baru saja tiba di Babel di Tsahang Cafe, Senin malam (4/9).  

Kedatangan Direktur Sigit ke Provinsi Babel untuk melaksanakan peresmian kegiatan TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) “Pulau Lepar, Pulau 100% ICONNET”, yang dilaksanakan di Pulau Lepar, Kabupaten Bangka Selatan pada Selasa, 5 September 2023.

"Pak Gubernur, agenda kami di Pulau Lepar itu pertama, kami meresmikan infrastruktur yang bisa dinikmati oleh masyarakat, berupa perangkat yang bisa dipake 1000 keluarga. Yang kedua, kami memberikan bantuan kepada 9 sekolah, berupa internet gratis selama satu tahun," kata Sigit.

Ia mengatakan agar bantuan internet gratis tersebut bermanfaat, maka PLN pun memberikan 2 perangkat laptop ke masing-masing sekolah. 

Ia mengungkapkan PLN juga menyediakan wifi gratis untuk masyarakat, yang harapannya dapat membantu UMKM yang ada di sana beranjak ke digital, yang mana outputnya bisa bergabung jadi bagian PLN Mobile.

Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu amat senang mendengarkan hal tersebut, dan berterima kasih kepada Pihak PLN yang sudah mau membantu.

Dikarenakan bersamaan dengan Agenda Gule Kabung (Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung) yang juga akan dilaksanakan tepatnya 5 - 6 September di Tukak Sadai, maka dari itu Pj Gubernur memohon maaf untuk tidak bisa ikut untuk mendampingi kegiatan dari PLN tersebut.

"Iya Pak, jadi saya punya program, namanya Gule Kabung, jadi kita bersama-sama baik itu Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, BUMN dan lainnya itu bersama-sama berkolaborasi ke desa-desa untuk melihat sendiri keadaan di sana, dan langsung ditangani, Pak. Waktu itu contohnya ada yang ternyata daerahnya belum teraliri listrik, maka PLN langsung dengan sigap menindaklanjutinya," katanya. 

"Nah, kebetulan besok itu sudah teragendakan Gule Kabung di Tukak Sadai. Jadi, saya mohon izin untuk tidak ikut mendampingi untuk acara besok ya, Pak," katanya.

Sigit memaklumi hal tersebut. Dirinya pun sangat mendukung program yang dilakukan Pj Gubernur. Dia juga menawarkan diri apabila nanti dibutuhkan untuk membantu digitalisasi yang ada di Kep. Babel, maka pihaknya siap membantu.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Suganda memberikan cenderamata berupa cincin satam, yang terbuat dari batu satam khas Pulau Belitung yang merupakan serpihan meteor kepada Sigit, sebagai tanda bahwa dirinya telah menginjak Bumi Serumpun Sebalai ini. 

"Saya sengaja, Pak membuatkan beberapa cincin dari batu satam, khusus untuk nanti dikasih ke tamu-tamu yang datang ke sini. Tujuannya biar mereka nanti bisa ingat sama Bangka Belitung," kata Pj Gubernur.

Suganda pun menceritakan kepercayaan orang Belitung, bahwa batu satam merupakan penolak balak, racun, dan sebagainya. Ia pun mengatakan bahwa untuk memotong batu satam juga tidak sembarang, pemotongannya juga unik, yakni dengan menggunakan getah sirih.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023