Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun komunikasi dan kolaborasi dengan sejumlah instansi untuk penguatan antar lembaga menjelang Pemilu 2024.

"Kita menggelar pertemuan atau beraudiensi dengan beberapa lembaga, ini penting untuk penguatan kelembagaan dan komitmen bersama dalam menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Marhaendra Yuliansyah di Koba, Rabu.

Mahendra menjelaskan, beberapa lembaga strategis yang memiliki peranan penting dalam menyukseskan pesta demokrasi adalah Pemkab Bangka Tengah, Polres, Kejari dan KPU sebagai rekan sesama penyelenggara.

"Kita sudah bertemu dan berdiskusi dengan sejumlah lembaga ini terkait dengan persiapan Pemilu 2024," ujarnya.

Audiensi dengan beberapa lembaga itu kata Mahendra dilaksanakan selama dua hari berturut yaitu pada Senin (11/9) pagi dengan Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, kemudian siangnya dengan Kajari.

"Kemudian pada Selasa (12/9) pagi kita lanjutkan pertemuan dengan Kapolres Bangka Tengah, dilanjutkan siangnya pertemuan dengan KPU Bangka Tengah," jelas Marhaendra

Selanjutnya kata Marhaendra juga akan dijadwalkan pertemuan dengan Ketua DPRD Bangka Tengah Me Hoa dengan maksud dan tujuan yang sama.

Ia mengatakan, membangun komunikasi dan kolaborasi dengan KPU sangat penting sebagai mitra strategis untuk sama-sama menyukseskan Pemilu 2024.

"Demikian juga dengan pemerintah daerah, kita wajib membangun penguatan kelembagaan dengan pemerintah daerah karena suksesnya pesta demokrasi juga bagian dari suksesnya kita bersama," ujarnya.

Penguatan kelembagaan dengan Polres dan Kejari, kata dia tentu saja terkait dengan pengamanan dan persoalan hukum yang terjadi selama proses pesta demokrasi berjalan.

"Pada prinsipnya kita sama-sama memiliki komitmen yang kuat dalam menyukseskan Pemilu 2024, sesuai dengan kapasitas masing-masing," ujarnya.

Ia mengatakan, pada intinya pemerintah daerah, Kejari, Polres dan KPU menyambut baik kedatangan Bawaslu dalam rangka koordinasi dan membangun sinergisitas antar lembaga.

"Tujuan kita sama yaitu menyukseskan Pemilu 2024 dan diharapkan agar kondisi di Kabupaten Bangka Tengah tetap kondusif dan aman," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023