Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyalurkan bantuan uang tunai sebanyak Rp42.180.000 kepada 14 mustahik di daerah itu.

"Untuk periode penyaluran bantuan pada bulan ini sudah kami salurkan kepada 14 mustahik, pelaksanaannya kemarin di kantor," kata Ketua Baznas Kabupaten Bangka Barat Lili Suhendra Nato di Mentok, Selasa.

Ia mengatakan para penerima manfaat (mustahik) merupakan warga Bangka Barat yang benar-benar membutuhkan bantuan serta sudah dilakukan seleksi dan verifikasi lapangan oleh para petugas.

"Jadi warga penerima ini sudah kita seleksi dan datanya juga ada di kita, mereka adalah warga dari beberapa desa yang ada di wilayah Bangka Barat," ujarnya.

Menurutnya, para penerima manfaat tersebut berasal dari Desa Belolaut, Mayang, Teluk Limau, dan Kundi.

"Bantuan ini akan dimanfaatkan oleh para penerima untuk modal usaha, biaya pendidikan, berobat, dan ada juga yang untuk melunasi tunggakan uang sekolah," katanya.

Lili Suhendra berharap bantuan yang telah disalurkan bisa benar-benar dimanfaatkan sesuai kebutuhan yang telah disepakati.

"Kami memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah memanfaatkan Baznas dan kami berharap penyaluran dana yang telah terkumpul ini bisa benar-benar bermanfaat untuk sesama," katanya.

Warga penerima bantuan yang berasal dari Kecamatan Tempilang, Devianti, bersyukur atas bantuan dana dari Baznas dan ia berencana memanfaatkan bantuan tersebut untuk membuka usaha.

"Alhamdulillah sudah banyak meringankan biaya hidup kami, kami akan manfaatkan bantuan ini untuk buka usaha," ujarnya.

Dia berjanji akan bekerja keras untuk membuka usaha agar ke depan bisa berkembang dan mandiri.

Setiap bulan Baznas Bangka Barat rutin memberikan bantuan dana kepada warga fakir miskin dan kurang mampu. Untuk mendapatkan bantuan tersebut, masyarakat dapat mengirimkan proposal ke kantor Baznas yang beralamat di kompleks Masjid Agung Baitul Ridha, Mentok.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023