Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) EM Osykar menjadi nara sumber Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Belitung agar dapat membantu menyebarkan informasi mengenai pengawasan partisipatif. 

Rakor yang dihadiri organisasi kepemudaan dan organisasi Kemasyarakatan ini dengan harapan setelah selesainya kegiatan ini Bawaslu mendapatkan feedback dari para peserta setidaknya menjadi media untuk menyebarluaskan informasi yang didapat sehingga informasi ini dapat tersebar luaskan demi mendukung terciptanya pengawasan partisipatif. 

EM Oaykar juga berharap agar seluruh stakeholder pemilu bisa berkolaborasi dengan Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan seperti dalam membuat forum diskusi. Hal ini agar mengingatkan pemilih pemula dan pemilih muda tentang pentingnya dalam menyalurkan aspirasi dalam pesta demokrasi. 

"Penting untuk kita saling berkolaborasi dalam memahami aspirasi demokrasi yang menjadi hak dan kewajiban kita sebagai Warga Negara. Bisa dalam bentuk forum diskusi atau dalam bentuk lain agar pemahaman dan kemampuan kita meningkat dalam mengawal pesta demokrasi ini," kata Osykar.

Dalam akhir paparannya EM Osykar juga menyampaikan pentingnya jati diri sebagai pengawas pemilu dan menjelaskan mengenai sejumlah tantangan dalam mengawasi seluruh rangkaian tahapan Pemilu Tahun 2024.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023