Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng kalangan wartawan, karena mereka dinilai berperan untuk menciptakan pengawasan partisipatif dalam Pemilu 2024.

"Kita perlu berkolaborasi dan membangun sinergi dengan kawan-kawan wartawan, karena peran mereka sangat penting dalam menciptakan pengawasan partisipatif," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Marhaendra Yuliansyah di Koba, Rabu.

Pihak Bawaslu Bangka Tengah mengundang kalangan pers dan juga perwakilan TNI/Polri dalam forum rapat koordinasi bertema "Sinergitas Bawaslu Bangka Tengah dan Pers untuk Suksesnya Pemilu 2024" di ruang rapat kantor Bawaslu setempat.

"Kegiatan ini menandakan begitu pentingnya pers bagi kami dalam membantu mengawal pesta demokrasi Pemilu 2024," kata Mahe, sapaan akrab Marhaendra Yuliansyah.

Ia mengatakan pihaknya siap membangun hubungan yang harmonis dan keterbukaan informasi dalam mengawasi tahapan pemilu yang dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024

"Kita punya sumber daya manusia terbatas untuk menjangkau setiap titik pengawasan, maka pers bagian terpenting bagi kami melalui sebaran informasi yang disampaikannya kepada publik," ujarnya.

Melalui suara pers, kata dia, mampu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan agenda politik yang sudah diamanatkan dalam konstitusi ini.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Bangka Tengah Muhammad Tamimi juga mengatakan, bahwa rapat koordinasi tersebut merupakan langkah awal membangun komitmen bersama insan pers dan TNI/Polri dalam menciptakan pemilu yang profesional, partisipatif dan bermartabat.

"Kita sengaja mengundang secara khusus kawan-kawan wartawan dan juga perwakilan TNI/Polri dalam rapat ini, untuk membangun semangat bersama mengawal dan mengawasi jalannya pesta demokrasi," ujarnya.

Tamimi juga mengimbau kepada peserta pemilu untuk menahan diri tidak melakukan aktivitas kampanya sebelum waktunya.

"Memang saat ini belum masuk tahapan kampanye, namun kita mengimbau peserta pemilu menghormati dan mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan untuk melakukan kegiatan kampanye," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023