Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggunakan e-katalog untuk pengadaan seragam sekolah yang dibagikan secara gratis kepada pelajar.

"Proses pengadaan untuk pakaian seragam sekolah dilakukan melalui e-katalog agar lebih terbuka dan transparan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Elfan Rulyadi di Toboali, Senin.

E-katalog merupakan aplikasi belanja online yang dikembengkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP) dan plikasi ini menyediakan berbagai macam produk dari pelbagai komoditas yang dibutuhkan pemerintah.

"Pembagian seragam sekolah gratis ini merupakan program Pemkab Bangka Selatan di bidang pendidikan, saat ini sedang dalam proses pendistribusian di sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan, pengadaan melalui e-katalog lebih terbuka dan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan yang dapat merugikan keuangan negara.

"Jadi kita pakai sistem e-katalog saja, kalau sistem lelang kuranh efisiensi dari segi biaya, waktu dan bisa memicu praktik kecurangan," ujarnya.

Untuk mengakses website e-katalog dapat membuka halaman https://ekatalog.lkpp.go.id/ yang di dalamnya ada menu nasional,sektoral dan lokal.

"Program bantuan seragam gratis kepada pelajar merupakan program prioritas yang menjadi atensi kepala daerah," ujarnya

Ia berharap proses pendistribusian berjalan dengan baik dan benar, sehingga bantuan seragam sekolah untuk anak Bangka Selatan dapat langsung dirasakan masyarakat.

"Saat ini sedang dalam tahap pendistribusian, secara bertahap kita selesaikan pembagian pakaian sekolah gratis tersebut," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023