Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu mendukung penuh pengembangan sektor pariwisata guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya mengajak masyarakat bersama-sama membangun sektor pariwisata yang kita diunggulkan," kata Sahani Saleh menanggapi adanya aktivitas penambangan biji timah tanpa izin di Tanjung Pandan, Selasa.

Untuk mengembangkan sektor pariwisata yang berkelanjutan, kata Sahani Saleh, pihaknya menolak aktivitas penambangan biji timah milik mitra perusahaan PT Timah maupun tambang milik perusahaan itu.

"Bahkan kami juga sudah bekerjasama dengan nelayan untuk bersama-sama mengawasi dan menjaga kelestarian laut yang menjadi tumpuan pendapatan nelayan Danuntuk  mewujudkan pembangunan "blue economy" atau ekonomi biru," katanya.

Sahani Saleh mengatakan aktivitas penambangan biji timah terutama yang tanpa izin, dapat mengancam kerusakan lingkungan tanaman mangrove yang selama ini dijaga kelestarian.

Belitung berkomitmen mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan yang merupakan hasil transformasi dari tambang menuju pariwisata (tourism).

"Karena dulunya Belitung adalah bekas tambang sehingga tidak gampang dan memakan waktu cukup lama untuk mengembalikan menjadi pariwisata," ujarnya. 

Sektor pariwisata di Belitung sudah mulai dikenal wisatawan dalam dan luar negeri, sehingga sektor ini harus benar-benar dijaga dari segala bentuk ancaman yang dapat merusak.

Kabupaten Belitung memiliki keindahan sektor pariwisata pantai, budaya, kuliner dan yang lain, yang sudah dikenal oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023