Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman mengajak warga pesisir di Desa Kurau Barat dan Timur dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Saya mengajak warga pesisir selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya saat menghadiri sosialisasi PHBS dan sanitasi berbasis masyarakat di Desa Kurau, Rabu.

Bupati mengatakan, para orang tua memiliki peran yang besar dalam memberikan contoh penerapan PHBS seperti kebiasaan mencuci tangan sebelum makan.

"Pola pendidikan dari keluarga sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak untuk belajar dari lingkungan terdekatnya," ujarnya.

Ia mengatakan, orang tua harus menyadarkan diri sendiri tentang pentingnya kebersihan dan memberi contoh untuk anaknya agar bisa menerapkan pola PHBS ini dalam keseharian mereka.

"Tahun ini kita juga akan menjalankan program revitalisasi kawasan kumuh, termasuk kawasan pesisir di Desa Kurau," ujarnya.

Bupati mengatakan, ada sekitar 185 rumah warga di bantaran Sungai Kurau yang akan direlokasi di kawasan yang lebih representatif.

"Kita sudah siapkan tempat yang baru bagi warga yang akan direlokasi dan ini kita lakukan dalam rangka menata kawasan pesisir untuk lebih baik," ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Diperkimhub) Bangka Tengah Fani Hendra mengatakan perelokasian rumah warga di Kurau Barat dan Timur dibagi menjadi dua tahap.

"Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan, pada tahap satu terdapat sebanyak 119 unit rumah yang terdampak dan 66 unit rumah lainnya untuk tahap kedua," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023