Perum Bulog Subdrive Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta para pedagang mematuhi aturan penjualan beras sesuai harga eceran yang sudah ditetapkan pemerintah setempat.

"Hari ini kami melakukan operasi pasar bersama Satgas Pangan Provinsi Babel dalam rangka memastikan ketersediaan stok beras di pasar tradisional sekaligus menyosialisasikan harga eceran beras yang sudah ditentukan pemerintah daerah," kata Pimpinan Perum Bulog Subdrive Bangka Ahmad Fahmi Yasin di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pada kegiatan itu pihaknya bersama tim Satgas Pangan telah menyosialisasikan ke pedagang agar mereka dapat menjual beras ke masyarakat sesuai harga kesepakatan yang telah di tetapkan pemerintah.

Ia menjelaskan, sesuai Surat Edaran (SE) Pemprov Babel Nomor 510/244 tentang Harga Komoditi Beras di Provinsi Kepulauan Babel, harga beras premium per kilogram untuk di Pulau Bangka dari pedagang ke konsumen sebesar Rp14.600, sedangkan di Pulau Belitung Rp14.900, dan beras medium Rp13.800 di Pulau Bangka, untuk Belitung Rp13.600.

Selain itu Bulog juga mengimbau pedagang untuk menjual beras SPHP sesuai harga yang telah ditetapkan yakni Rp11.500 per kilogram atau Rp 57.500 per lima kilogram karena SPHP ini jenis beras medium namun bisa bersaing dengan kualitas di atasnya.

"Pantauan kami sejauh ini pedagang menjual beras SPHP di harga Rp 57.500. Jika lebih pun itu karena kembalian, namun mereka tetap mengetahui harga eceran tertingginya (HET)," ujarnya.

Ia menambahkan di OP kali ini Bulog juga mengimbau para pedagang untuk  lagi menjual SPHP ke pemilik toko atau warung, harus langsung ke pengguna atau masyarakat. Dan itu juga harus dibatasi maksimal 2 sak atau 10 kilogram.

"Penjualan SPHP harus ke pengguna, dan itu juga kami batasi dua sak saja atau 10 kilogram karena ini upaya mitigasi agar tidak disalahgunakan dan tidak ada oplosan kemasan. Oleh karena itu kita hanya menjual kemasan lima kilogram saja dan tidak ada di atas itu agar masyarakat mudah membawanya," katanya.

Operasi pasar hari ini dilakukan di dua lokasi pasar tradisional yakni Pasar Ratu Tunggal atau Pasar Pembangunan dan Pasar Pagi Pangkalpinang. Selain melakukan OP, Bulog bersama Tim Satgas Pangan juga memasang spanduk imbauan tentang harga beras.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023