Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyalurkan 187.970 liter air bersih kepada warga yang menghadapi dampak kekeringan dari 12 September sampai 10 Oktober 2023.

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Belitung Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Jumat, bantuan air bersih disalurkan ke Kelurahan Lesung Batang, Kelurahan Pangkalalang, Kelurahan Kota, Kelurahan Paal Satu, Desa Perawas, Desa Air Raya, Desa Dukong, dan Desa Air Merbau di Kecamatan Tanjung Pandan.

"Jumlah penerima manfaat layanan air bersih BPBD Belitung mencapai sebanyak 1.070 jiwa," katanya.

Ia menyampaikan bahwa bantuan air bersih disalurkan ke rumah warga, sekolah, rumah ibadah, fasilitas umum, dan perkantoran menggunakan mobil tangki.

"Total objek pendistribusian air bersih BPBD Belitung sebanyak 290 objek, seperti rumah-rumah masyarakat dan fasilitas umum yang saya sampaikan tadi," katanya.

"Ada tempat ibadah seperti masjid maupun sekolah yang kekeringan kami salurkan air bersih ke sana," ia menambahkan.

Dia mengatakan bahwa penyaluran bantuan air bersih dilakukan selama masih ada warga yang kesusahan memperoleh air bersih pada musim kemarau.

"Program ini akan berlanjut sampai kondisi hujan mulai merata di Belitung dan sumur atau sumber air milik masyarakat kembali terisi," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023