Satuan Polisi Air dan Udara (Airud) Polres Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar aksi sapu bersih sampah laut, dalam rangka menjaga ekosistem pantai.

"Kegiatan bakti sosial dengan tema sapu bersih sampah laut ini kita mengambil titik di kawasan Pantai Kebang Kemilau Koba," kata Kasat Pol Airud Iptu Wardiansyah di Koba, Jumat.

Kegiatan bakti sosial dengan tema sapu bersih sampai laut ini merupakan tindak lanjut dari Rakernis Baharkam Polri dan salah satunya yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir.

"Kita hari ini melaksanakan kegiatan sapu bersih sampah laut, kegiatan ini juga mengandeng Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah, kalangan mahasiswa dan komunitas pecinta lingkungan," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, para pekerja bakti memungut sampah dan memilahnya dari sampah yang tidak berdaya guna sampai dengan sampah yang memang masih bisa dimanfaatkan kembali.

Sampah yang bisa didaur ulang ini bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat dan bisa menjadi nilai tambah bagi ekonomi masyarakat.

Aksi sapu bersih sampah laut ini juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan pantai dari bahaya abrasi laut, meningkatkan potensi wisata dan peningkatan ekonomi para pelaku UMKM yang ada disekitar pantai.

"Dari kegiatan ini juga kita bisa melihat bahwa dari sampah yang berhasil kita kumpulkan, ternyata masih ada yang bernilai jual dan ini tentu bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, Pantai Kebang Kemilau merupakan satu dari destinasi wisata unggulan di Bangka Tengah yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

"Dengan kegiatan sapu bersih sampah laut ini, tentu kita dapat menjaga kawasan wisata pantai tetap rapi dan bersih," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023