Sungailiat (Antara Babel) - Kelurahan Bukit Ketok, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mewakili kabupaten daerah itu tingkat provinsi pada lomba kelurahan.

Menurut Sekretaris Kecamatan Belinyu, Al Imran di Sungailiat, Jumat mengatakan, dipilihnya Kelurahan Bukit Ketok setelah hasil penilaian tim kabupaten setelah menyisikan seluruh kelurahan di kabupaten itu.

"Lomba kelurahan yang dilaksanakan pada, 30 Mei 2016 dinilai langsung oleh tim tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya di Sungailiat, Jumat.

Menurutnya, Kelurahan Bukit Ketok dianggap layak atau memenuhi syarat mengikuti lomba pada tingkat provinsi karena dari segi administratif dinyatakan lengkap atau sesuai dengan pedomanan penilaian tim.

"Tahap sekarang dilakukan pembinaan secara terpadu yang melibatkan pihak kami, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bangka, Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan, Kelurahan Bukit Ketok berada sekitar dua kilometer dari pusat kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 8.000 jiwa dengan terdiri 16 lingkungan dan 30 rukun tetangga (RT).

"Saya merasa layak Keluarahan Bukit Ketok mewakili Kabupaten Bangka karena banyak faktor penduduk salah satunya partisipasi masyarakat dalam berperan membangun kelurahan itu," katanya.

Menurutnya, kegiatan kemasyarakatan dirasa mendukung pembangunan kelurahan seperti, kegiatan Majelis Taqlim, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), pos pelayanan terpadu (Posyandu), Karangtaruna dan organisasi masyarakat lainnya," ujarnya.

"Pretasi Kelurahan Ketok yang pernah diraihnya adalah menjuarai lomba kebersihan tingkat kabupaten, lomba kelurahan dari sebelumnya meraih juara tiga tingkat kabupaten dan sekarang juara satu," kata Al Imran.

Potensi wilayah keluarahan yang dapat mendukung konstribusi ekonomi masyarakat kata dia, dimana Kelurahan Bukit Ketok memiliki pontensi sektor agraris termasuk objek wisata bahari pulau Putri.

"Kita berharap doa masyarakat Kabupaten Bangka agar dalam lomba ini nantinya meraih juara tingkat provinsi dan selanjutkan mengikuti lomba yang sama pada tingkat Nasional, dan kami juga ucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat luas sehingga mampu mencapai prestasi sekarang ini," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016