Merawang (Antara Babel) -  Sebanyak 453 calon tenaga pendamping profesional (TPP) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut tes tertulis yang diselenggarakan Kementerian Pedesaan Republik Indonesia di kampus terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB).

"Tes ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan peserta yang ikut tes tertulis TPP ini sudah lolos secara administrasi yang dikirim melalui online," ujar ketua panitia pelaksana tes TPP, Budi Afriyansyah di Merawang, Kabupaten Bangka, Sabtu.

Ia menambahkan, lembar jawaban soal pada tes tersebut berbasis komputer yang nantinya akan di scan dan dikirim langsung ke Kementerian Pedesaan.

Tes tetulis yang dilaksanakan 28 Mei 2016 akan diumumkan di website Kementerian Desa 30 Mei nanti.

"Peserta yang lulus ujian tes tertulis hari ini, akan mengikuti  psikotes 1 Juni di kampus UBB ini juga," katanya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, yang direkrut sebanyak 9 posisi yakni, pendamping desa pemberdayaan (PDP), pendamping desa teknik infrastruktur (PDTI) dan pendamping lokal desa (PLD).

Sedangkan untuk tenaga ahli yakni, tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa(TA-PMD), infrastruktur desa (TA-ID), pembangunan partisipatif (TA-PP), pengembangan ekonomi desa (TA-PED), tenaga tepat guna (TA-TTG) dan tenaga ahli pelayanan sosial dasar (TA-PSD).

"Total penerimaan tenaga pendamping tahun ini sebanyak 60 orang," katanya.

Ia menjelaskan, program pendamping desa merupakan program utama dari Kemendes dalam memenuhi pembangunan desa dan masyarakat Babel sangat antusias dalam rekrutmen tahun ini.

"Masyarakat yang melakukan pendaftaran cukup banyak dan kita akan menjaring orang-orang yang profesional untuk menjadi pemberdayaan pembangunan di desa" katanya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016