Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membantu 18 kelompok usaha bersama (kube) di daerah itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin setempat.


"Kami akan terus mendorong pemberdayaan masyarakat miskin di daerah ini agar lebih produktif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya," kata Kepala Seksi Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Babel Suryadi di Pangkalpinang, Senin.


Ia menjelaskan, dari 18 kube itu tersebar di empat kabupaten yakni lima kube di Kabupaten Bangka Selatan, lima kube di Kabupaten Belitung Timur, empat kube di Kabupaten Bangka Barat dan empat kube di Kabupaten Bangka Tengah.


"kami hanya menyalurkan bantuan kube di empat kabupaten karena melihat kondisi dan situasi di daerah itu, sedangkan daerah lain kami juga memiliki program bantuan bagi masyarakat miskin namun berbeda dengan kube," ujarnya.


Ia mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan inventaris kelompok senilai Rp31.350.000 bagi setiap kube untuk mendukung dan mengembangkan sektor usaha yang ditekuni.


"Penyaluran inventaris bantuan sesuai dengan jenis usaha masing-masing kelompok, seperti peralatan pertanian, perkebunan, peternakan, industri dan lain-lain," ujarnya.


menurut dia, program tersebut dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah itu sekaligus peningkatan kesejahteraannya.


"Peningkatan kualitas SDM akan sejalan dengan penanggulangan masyarakat miskin di perkotaan dan pedesaan daerah ini," ujarnya.


Ia berharap, melalui program bantuan tersebut, masyarakat miskin di daerah itu dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian keluarganya.


"Mudah-mudahan program tersebut dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas SDM masyarakat miskin di daerah ini sehingga mereka lebih mandiri dan siap dalam mengembangkan usaha ke depan," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Ongku Sutan H

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013