Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama Polres setempat mulai mengetatkan pengamanan gudang logistik seiring masuknya kotak suara yang akan digunakan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami sudah melakukan kerja sama untuk pengamanan gudang logistik dan dengan masuknya logistik berupa kotak suara yang sudah kami terima dua hari lalu pengamanan mulai dilakukan bersama personel Polres Bangka Barat," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Darjiyono di Mentok, Selasa.

Menurut dia, pengamanan gudang logistik yang dilakukan setiap hari ini akan terus berjalan hingga berakhirnya seluruh tahapan Pemilu 2024 guna mendukung kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi nasional tersebut.

"Setiap hari, siang dan malam, kita tempatkan petugas keamanan bersama tim Polres Bangka Barat di gudang logistik agar tidak terjadi gangguan keamanan yang tidak diinginkan," katanya.

Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis mengatakan dalam setiap hari ditempatkan sebanyak enam orang personel Polres Bangka Barat untuk pengawasan dan pengamanan gudang logistik Pemilu 2024.

Pengamanan dilakukan dengan sistem terbuka dan tertutup yang memastikan pengawasan di sekitar lokasi gudang maksimal selama 1x24 jam.

"Personel di lapangan melaksanakan pengamanan dan pengawasan sudah sangat baik, semoga bisa terjaga kondusif dan masyarakat semua berkomitmen untuk sama-sama menyukseskan pemilu damai, sejuk dan aman," ujarnya.

Hal ini dilakukan personel Polres Bangka Barat sesuai dengan instruksi Kapolres AKBP Ade Zamrah agar seluruh personel yang terlibat bisa melakukan pengamanan dengan maksimal.

"Guna menjaga logistik sampai dengan hari pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 seluruh personel saya harap melaksanakan pengamanan dengan semaksimal mungkin semoga semuanya berjalan dengan lancar," katanya.

Tugas pengamanan yang dilakukan Polres Bangka barat sudah dimulai sejak kedatangan logistik pemilu berupa kotak suara yang tiba di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok, pada Sabtu (21/10) malam dengan melakukan pengawalan armada distribusi dari pelabuhan sampai ke gudang logistik.

Pengawalan dan pengamanan ini berfungsi untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, serta menjaga situasi kondusif pada sepanjang jalan yang dilalui kendaraan pengangkut logistik pemilu.

"Kita juga ingin memastikan kendaraan pengangkut logistik itu sampai dengan aman di gudang tujuan," katanya.

Armada distribusi tersebut mengangkut sebanyak 2.862 kotak suara Pemilu 2024 dan sudah diterima KPU Kabupaten Bangka Barat untuk selanjutnya disimpan di gudang logistik.

Selain kotak suara berbahan karton antiair tersebut, dalam waktu dekat KPU Babar dijadwalkan akan kembali menerima logistik lain berupa bilik suara yang dijadwalkan tiba 26 atau 27 Oktober 2023.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023