Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Maya Suganda Pasaribu bersama anggotanya mengunjungi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kunjungan istri Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung ini disambut baik oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmin, bersama Sekretaris Dinas (Sekdis) Deki Susanto dan Kasubbag Umum Wisniarti, Kabid Perencanaan dan Pembangunan Industri, Disperindag Babel, Subekti Saputra dan Kabid Bidang Pengendalian dan Fasilitasi Usaha Industri Disperindag Provinsi Babel Supianto.

Kunker program peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi TP. PKK Provinsi Babel, dalam rangka melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Tarmin, Kepala UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan (RPK) Babel Alfatah Suriaan dan Kepala Bidang Sarana Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Nasirin Yusuf serta jajarannya.

Diskusi yang dilaksanakan di ruang rapat Disperindag Provinsi Babel, membahas program-program kerja UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan dan program kerja Pasar Lelang Terpadu Provinsi Babel serta komoditas apa saja yang bisa dilakukan dalam pasar lelang, yang belum lama ini telah dilaksanakan di hotel Cordela Pangkalpinang, Babel.

Dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Tarmin AB menyambut baik kedatangan Tim PKK Provinsi Babel dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan yang dilakukan ke dinasnya, untuk berkolaborasi antara program kerja TP. PKK Provinsi Babel dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel.

Dengan adanya sinkronisasi program kerja dan berkolaborasi, nantinya diharapkan program Disperindag Babel dengan program PKK Provinsi Babel berjalan beriringan sehingga menjadi tepat sasaran yaitu untuk menambah keterampilan dan pemahaman masyarakat Babel, dalam segi peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi.

"Saya sangat setuju kolaborasi ini. Terimakasih Ketua PKK Babel atas kunjungannya semoga selain untuk mempererat silaturahim, juga dapat memperkuat program-program kerja yang ada di PKK Babel dan Disperindag," kata Tarmin.

Menurutnya, jika PKK Provinsi Babel membutuhkan bantuan dalam menjalankan programnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel selalu terbuka untuk membantu.

"Jika membutuhkan narasumber silahkan libatkan kami dan jika membutuhkan dukungan dari kami, sama-sama saling melibatkan. Berkenaan dengan kemasan dan pemasarannya Gratis. Kita akan dukung program PKK Babel, begitu juga terkait lelang komoditasnya bisa di ikuti," ujarnya.

Sementara itu, Pj. Ketua PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ny. Maya Suganda Pasaribu menjelaskan bahwa kunjungannya dalam upaya memperkuat pilot project program kerja Pokja II Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yaitu Gerakan Keluarga Indonesia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Pengelolaan Ekonomi (Galeri Pelangi) di Bangka Belitung.

Pilot project program-program kerja Pokja II Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa disandingkan dan berkolaborasi sehingga sejalan dengan program yang ada di Disperindag Provinsi Babel salah satunya program kemasan dan pemasarannya.

"Kita berharap Pokja II PKK Babel di libatkan dalam program yang ada di Disperindag Provinsi Babel yaitu terkait yang ada di UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan sebab ada program kemasan juga di TP. PKK Provinsi Babel, yang melibatkan PKK Kabupaten dan kota," harapnya.

Selain itu, TP. PKK Provinsi Babel juga tertarik dengan adanya program pasar lelang komoditas yang ada di Disperindag Babel, dengan harapan dilibatkan juga dan diberikan pemahaman bagaimana melakukan pasar lelang komoditas untuk para binaan PKK Provisi Babel dan para anggotanya.

"Kami juga program kampung mandiri,  dimana sudah dijalankan yaitu di kampung Belo dengan melakukan sosialisasi KUR, di dukung kerjasamanya dengan dinas koperasi dan untuk Disperindag Babel mungkin bisa masuk pada program Rumah Dilan serta Program P2. PKK, jika ada bisa di libatkan," ujarnya.

Dengan berkolaborasi dan bekerjasama dalam menjalan program antar Disperindag Provinsi Babel dengan PKK Provinsi Babel, diharapkan dapat sejalan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Babel dan dapat menjadi contoh bagi TP. PKK Kabupaten dan Kota.
 
"Dengan diskusi ini, terimakasih atas diskusi dan saran serta masukan dan nantinya rencana-rencana kami sampaikan di tahun 2024, TP. PKK Provinsi Babel Menjadi contoh Kabupaten dan Kota. Di Kabupaten juga sama di imbau melakukan hal yang sama, kerjasama dengan OPD terkait, sebagai contohnya saya mengadakan kegiatan yang sama antar PKK  dengan dinas yang ada di Pemprov," ujarnya.

Dalam pertemuan itu,  Kepala Rumah Promosi dan Kemasan (RPK) Alfatah Suraan menjelaskan program kerja RPK dan  tindaklajutnya serta sejarah UPTD. RPK Babel. Dirinya juga menegaskan program PKK Babel bisa bersinergi dengan UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan baik dalam kemasan maupun promosinya.

"Kita sudah melakukan sosialisasi RPK ke sejumlah di wilayah Babel, salah satunya Belitung dan Belitung Timur, dan tahun ini akan ada di Basel. InsyaAllah tahun depan bisa melibatkan pihak TP. PKK provinsi Babel. Agar Bisa bersinergi program kita dengan PKK Babel. Kemasan bisa di buat kita ada desainernya dan bidang pemasarannya, video pemasarannya melalui media sosial," tegasnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Bidang Sarana Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Nasirin Yusuf dan dirinya juga menyambut baik keinginan yang disampaikan oleh Pj. Ketua PKK Provinsi Babel. 

"Silahkan apabila dari PKK Provinsi Babel dan binaannya mau ikut lelang kami terbuka. Kita jalan sama-sama. Namun ada ketentuannya harus didaftarkan dulu prodak yang akan di jual, misalnya lelang makanan pempek dan yang lainnya," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023