Kepolisian Resor (Polres) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), membantu warga menanam sebanyak 5.000 bibit tanaman mangrove di Pantai Tanjungpaddan, Kecamatan Mentok, guna menjaga kelestarian alam yang ada di lokasi itu.

"Penanaman bibit tanaman ini juga sebagai salah satu bentuk kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan, sekaligus dalam rangka peringatan Hari Mangrove se-Dunia," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan penanaman bibit mangrove dilaksanakan pada hari ini, Rabu (25/10),  dengan melibatkan para personel Polres Bangka Barat, pegawai perusahaan BUMN yang ada di daerah itu, pemerintah daerah, kelompok pemuda dan warga yang ada di sekitar lokasi penanaman pohon.

Menurut dia, tanaman mangrove yang berada di pesisir pantai memiliki banyak manfaat untuk warga dan menjadi tempat kembang biak berbagai binatang.

Pemerintah menaruh perhatian serius terhadap kelestarian hutan mangrove, kata dia, mengingat banyaknya manfaat hutan mangrove khususnya bagi masyarakat sekitar.

"Kami berharap masyarakat ikut menjaga dan merawat kawasan mangrove, karena kawasan mangrove sebagai penahan abrasi dan angin laut, sebagai penyerap karbon di udara. Selain itu juga dapat memberikan manfaat ekonomis bagi warga dan sektor pariwisata," katanya.

Dengan adanya gerakan nyata bersama masyarakat setempat, kata dia, diharapkan program ini bisa berkelanjutan sehingga kelestarian Pantau Tanjungpaddan bisa semakin asri dan nyaman.

"Kami berikan apresiasi kepada kelompok muda dan warga yang hari ini sudah bisa mewujudkan kegiatan penanaman bibit tanaman mangrove, kami berharap tanaman ini tumbuh sesuai harapan sehingga dapat menjadi penahan abrasi dan angin laut," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023