Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menganggarkan Rp6 miliar untuk menambah rambu-rambu lalu lintas guna menekan angka kecelakaan di daerah itu.

"Mudah-mudahan bulan depan penambahan rambu-rambu lalu lintas dilakukan di sepanjang jalan nasional dan provinsi," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel Sarjulianto di Pangkalpinang, Senin.

Anggaran Rp6 miliar itu berasal dari APBD Rp2 miliar untuk pengadaan rambu-rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan di sepanjang jalan provinsi dan APBN Rp4 miliar untuk rambu-rambu dan lampu penerangan di jalan nasional.

"Kita berharap dengan penambahan rambu-rambu ini dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi," ujarnya.

Ia mengatakan untuk mengoptimalkan pemasangan rambu-rambu lalu lintas, diharapkan masyarakat ikut serta melihat di jalan atau tempat yang mana dibutuhkan rambu-rambu maupun lampu penerangan jalan.

"Kita minta masyarakat informasikan daerah dan jalan mana yang harus dipasang rambu-rambu, karena petugas tidak bisa bergerak sendiri," katanya.

Menurut dia adanya penambahan rambu-rambu dan lampu penerangan jalan dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas yang terjadi, karena hingga saat ini tercatat penyebab kematian terbesar ketiga adalah kecelakaan lalu lintas.

"Kita harap penambahan rambu-rambu dapat mengurangi kecelakaan dan pengguna jalan lebih tertib dalam berlalu lintas," harapnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016