Ketua Pengurus Wushu Kota Pangkalpinang, Ardian menyebutkan antusias para atlet wushu mengikuti kejuaraan wushu yang digelar di Transmart Kota Pangkalpinang sangat tinggi, terbukti jumlah peserta yang mendaftar ada puluhan atlet.

"Semoga kompetisi seperti ini bisa digelar setiap tahun karena antusias mereka untuk bisa ikut sangat tinggi," kata Ardian kepada media saat menghadiri kompetisi tersebut, Sabtu sore.

Ardian mengatakan kejuaraan wushu ini salah satu program kerja Wushu Kota Pangkalpinang dalam membangun kultur kompetisi olahraga yang baik, berjenjang dan berkesinambungan.

Kompetisi ini juga untuk memberi kesempatan kepada atlet-atlet agar dapat bertanding lebih rutin sehingga nanti ketika ada kompetisi daerah maupun nasional,  Kota Pangkalpinang sudah punya atlet-atlet yang profesional.

"Jumlah atlet wushu sekarang ada sekitar 100 orang lebih dengan usia dari 6 tahun  sampai 16 tahun, dan yang sudah profesional sekitar 40persen," ujarnya.

Meski Wushu Kota Pangkalpinang baru berdiri 3 tahun, namun atlet wushu Pangkalpinang boleh di adu dengan daerah lain yang wushu nya sudah berdiri 10 tahunan.

"Atlet-atlet kota boleh diadu, mereka yang juara hari ini akan kita ikutkan ke kompetisi tingkat daerah, nasional ataupun internasional jika ada undangan," ujarnya. 

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil sangat mengapresiasi Kejuaraan Wushu ini karena meski baru terbentuk tapi gaungnya sangat luar biasa karena atlet Wusgu Babel sudah pernah mendapat medali dalam kejuaraan.

Kejuaraan Wushu yang digelar oleh Wushu Kota Pangkalpinang juga sebagai wujud melestarikan industri olahraga yang berkesinambungan dalam membesarkan Wushu di Kota Pangkalpinang. 

"Terimakasih telah membuat kompetisi ini. Kompetisi yang digelar di mall ini menunjukkan tumbuhnya industri olahraga sehingga seni budayanya dapat dan ekonominya juga dapat. Semoga kedepan kita dapat melahirkan atlet-atlet wushu berkelas dunia," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023