Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melatih anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di daerah itu guna disiapkan membantu pengamanan Pemilu 2024.

"Kami memberikan pelatihan dan pembinaan kepada anggota Linmas salah satu tujuannya memang adalah untuk ditugaskan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Belitung, Hendri Suzanto di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, materi pelatihan dan pembinaan yang diberikan kepada anggota Linmas tersebut meliputi tugas pokok dan fungsi Linmas serta penjabaran tugasnya di lapangan.

Selain itu, pihaknya juga memberikan motivasi dan semangat kepada anggota Linmas dan menjelaskan arti penting keberadaannya.

"Kami juga sampaikan kemana anggota Linmas harus melapor, karena anggota Linmas dituntut untuk melindungi masyarakat dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu anggota Linmas juga harus memiliki kemampuan menanggulangi situasi darurat atau bencana baik sebelum terjadi, saat terjadi, dan sesudah terjadi bencana.

"Oleh karena itu seorang anggota Lnmas harus memiliki kemampuan dan wawasan. Untuk itulah mereka kami melakukan pembinaan agar mereka memiliki modal kerja di lapangan," katanya.

Anggota Linmas juga akan terlibat dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024.

Anggota Linmas akan membantu tugas TNI/Polri guna menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan lancar, aman, dan damai.

Disampaikan, anggota Linmas akan terlibat mengamankan logistik Pemilu 2024seperti surat suara, kotak suara dan logistik lainnya.

"Terutama pada saat logistik pemilu tersebut sedang berada di kantor desa, kantor camat, ataupun berada di Tempat Pemungutan Suara (tps)," ujarnya.

Menurutnya, anggota Linmas juga akan terlibat menjadi petugas pengaman di tps pada saat berlangsungnya Pemilu 2024.

"Jumlah Linmas di masing-masing desa ada sebanyak 10 orang sehingga mereka inilah yang nantinya akan bertugas mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024," katanya.
 

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023