Bupati Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Riza Herdavid akan membekukan dana hibah KONI daerah setempat Tahun 2024 nanti karena hasil perolehan prestasi pada Ajang Pekan Olahraga Provinsi Porprov VI Bangka Barat tidak sesuai target.

"Untuk sementara dimatikan dulu namun untuk hidup kembali, jadi Tahun 2024 terpaksa dana hibah untuk Koni Tahun 2024 nanti saya bekukan,"kata Riza Herdavid usai melakukan diskusi dengan atlet peraih medali di Balai Wisata Simpang Lima Toboali  kepada Wartawan di Rabu (1/11) malam.

Disampaikannya lebih baik anggaran olahraga ini diberikan kepada orang susah,untuk apa diberikan  ke KONI kalau tidak menoreh prestasi dan membuat resah para atlet.

"Kalau untuk pergantian ketua KONI itu bukan wewenang kami,itu hak para pengurus Cabang Olahraga atau Cabor,"kata dia.

Baca juga: Ketua KONI Bangka Selatan beberkan hasil audiensi dengan DPRD

Baca juga: Pemkab Bangka Selatan ambil alih bonus atlet dari pihak KONI

Menurut Politisi Muda PDIP Bangka Selatan ini mengenai bonus atlet itu akan ditambahkan namun jumlahnya belum pasti sebab mengikuti kemampuan keuangan daerah ini.

"Malam ini juga mereka langsung melakukan pembahasan mengenai jumlah bonus yang nanti akan diterima para atlet,"kata Riza.

Ia menjelaskan kejadian penolakan para atlet terhadap jumlah bonus yang dijanjikan Ketua KONI itu merupakan ranah KONI Bangka Selatan dan bukan ranah pemda.

"Makanya pas saya tanya tadi apa salah pemda,para atlet tak bisa jawab,disengaja atau tidak janji palsu itu adalah bagian KONI Basel,"katanya.

Salah satu Masyarakat Toboali Anwar sangat menyayangkan sikap kepala daerah yang membekukan dana olahraga daerah Basel ini karena olahraga itu sehat.

"Selain menyalurkan hobi,olahraga juga bisa menjadi suatu prestasi dan yang utama di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,apa jadinya kalau anak-anak muda berbakat yang tidak dibina,"kata dia.
 
Dirinya berharap kebijakan yang kurang pantas ini dikaji ulang dan ditata lebih logis lagi agar dunia olahraga di daerah ini tidak mati hanya karena nila setitik ini.

"Janji palsu ketua KONI jangan mematikan olahraga daerah ini,kebijakan ini sangat tidak tepat dan semoga ucapan pak Bupati hanya emosi sesaat saja sehingga Olahraga Basel kembali bangkit dengan melakukan  evaluasi yang baik dan benar,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023